Selasa 22 Jun 2021 17:32 WIB

Pelajaran Penting dari Wasiat Luqman Al Hakim

Luqman telah berwasiat kepada anaknya dengan nasihat yang lembut dan mencerahkan.

Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,  Luqman telah berwasiat kepada anaknya dengan nasihat yang lembut dan mencerahkan. "Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberikan pelajaran kepadanya."(QS Surat Luqman ayat 13)

Nasihat atau al Wa'zhu dapat berupa ajakan kebaikan atau larangan dari keburukan yang disertai janji atau larangan. Demikian pula yang diwasiatkan Luqman kepada anaknya. Dia memanggil anaknya dengan penuh kasih sayang, jauh dari sifat kasar, kekerasan, dan kebengisan. "Ya bunayya, yang bertujuan untuk membuka hati anaknya agar tercapat manfaat semprna.

Baca Juga

Wasiat Luqman kepada anaknya merupakan wasiat besar dan penting yakni memelihara akidah, tauhid, dan tidak menyekutukan Allah SWT. Wasiat ini merupakan perkara yang paling penting dan tujua paling besar. Nasihat ini pun merupakan asa dari fondasi agama.

Agar terhindar dari praktik syirik, jangan menyekutukan Allah dalam kekuasaan, rezeki, dan aneka nikmat. Luqman menjelaskan perbuatan menyekutukan Allah adalah zalim dan dosa besar.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement