Jumat 18 Jun 2021 05:25 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pandangan dan Lisan

Penglihatan dan lisan adalah nikmat yang diberikan Allah SWT.

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pandangan dan Lisan
Foto:

Kaum Muslimin Jama’ah Jum’at Rahimani wa Rahimakumullah

(وَهَدَيۡنَٰهُ ٱلنَّجۡدَيۡنِ), kemudian Allah swt menunjukan kepada manusia dua jalan, yaitu jalan kebaikan dan jalan keburukan, yang hak dan yang bathil. Allah swt telah memberikan kepada manusia nikmat yang begitu besar yaitu kedua mata yang digunakan untuk melihat kekuasaan Allah swt dan lisan serta kedua bibir yang digunakan untuk berbicara yang baik-baik.

Maka, dari kedua kenikmatan tersebar tersebut manusia telah dituntun oleh Allah swt untuk senantiasa bersyukur. Melalui penglihatan, lisan, bibir, hati dan akal fikiran, manusia benar-benar sebagai ahsanu kaamilin atau ahsanu taqwim (manusia yang sempurna).

Manusia yang mendapatkan julukan sebagai makluk sempurna adalah mereka yang menyakini dan beriman kepada Allah swt, menjalankan fungsi akal, hati, mata, bibir dan lisan sebagaimana mestinya. Tentu menjalankan semua perintah Allah swt dan Rasulullah Muhammad swa.

Dengan demikian Allah swt memberikan petunjuk dua jalan kebaikan dan keburukan. Dengan mensyukuri nikmat Allah swt, tentu kita sebagai manusia yang beriman dan bertakwa akan memililih jalan yang baik sebagaimana Allah swt berikan kenikmatan hati dan akal untuk menentukannya.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement