Kamis 17 Jun 2021 21:04 WIB

Geliat Sekolah Alquran di Negeri Tanduk Afrika

Pendidikan Alquran dimulai sejak kedatangan sahabat Rasulullah SAW.

Sekolah Alquran di Najeshi, Ethiopia.
Foto: anadolu agency
Sekolah Alquran di Najeshi, Ethiopia.

REPUBLIKA.CO.ID, Lantunan ayat-ayat suci Alquran terdengar pada sebuah bangunan kayu dan lumpur di Nejashi, Tigray Utara, Ethiopia. Bangunan tersebut bentuknya khas mencerminkan eksotisme arsitektur tradisional Afrika.

Di dalam bangunan itu, anak-anak duduk melingkari gurunya. Satu per satu, anak-anak itu mulai membaca ayat-ayat suci Alquran begitu bersemangat.

Baca Juga

"Beginilah pendidikan Islam di Ethiopia. Perkembangannya semakin baik,"kata Sheik Ahmed Awol, seorang guru di Sekolah Quran Saidna Hamzaa, di Addis Ababa, Ethiopia, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (17/6).

Islam masuk ke Ethiopia pada abad ke-7 setelah para sahabat Rasulullah SAW hijrah ke tempat ini menjadi perlindungan di Nejashi. Para sahabat bermukim di Tigray Utara, sekitar 800 km dari Addis Ababa. Para sahabat kemudian membangun Masjid Al Nejashi yang bersejarah. 

 

"Pendidikan Islam di negara ini setua kedatangan Islam di sini. Masjid Al-Nejashi menjadi sekolah pendidikan Alquran pertama,"kata Awol. Sejak itulah, mulai bermunculan sekolah-sekolah Alquran yang menjamur di Ethiopia.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement