Ahad 13 Jun 2021 17:33 WIB

Innalillahi, KH Nawawi Abdul Djalil Pesantren Sidogiri Wafat

KH A Nawawi Abdul Djalil pengasuh Pesantren Sidogiri wafat pada 16.40 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
KH A Nawawi Abdul Djalil pengasuh Pesantren Sidogiri wafat pada Ahad (13/6) 16.40 WIB
Foto: Dok Istimewa
KH A Nawawi Abdul Djalil pengasuh Pesantren Sidogiri wafat pada Ahad (13/6) 16.40 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, KH A Nawawi Abdul Djalil wafat pada Ahad (13/6) sekitar pukul 16.40 WIB. Dia merupakan salah satu Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).  

"Innalillahi wainna Ilaihi raji'un telah wafat KH A Nawawi bin Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogri, sekaligus Mustasyar PBNU," ujar dalam keterangan tertulis Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah yang juga sekaligus alumni Pesantren Sidogiri, KH M Cholil Nafis pada Ahad (13/6). Dia mengajak segenap alumni dan umat Islam melakukan sholat ghaib. 

Baca Juga

Kiai Nawawi Abdul Djalil melanjutkan kepemimpinan pondok pesantren Sidogiri sejak 2005. Di menggantikan pengasuh Pesantren Sidogiri sebelumnya, KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat pada 2005. 

Semasa hidupnya, Kiai Nawawi mengasuh Pesantren Sidogiri menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan BMT-BMT Syariah yang menyebar, terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa Timur.  

 

Kiai Nawawi juga dikenal sebagai pengasuh Pesantren Sidogiri yang sangat dekat dengan para santrinya. Dia kerap mengontrol sendiri kamar-kamar santri di malam hari.Dia menginginkan para santri beribadah dan memuthala’ah (mempelajari) pelajaran di malam hari.

Pesantren Sidogiri sendiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban (yang wafat pada 1766 M). Sayyid Sulaiman tidak lain keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement