Selasa 08 Jun 2021 03:48 WIB

Sulitnya Mendapat Rumah Dengan Skema Syariah di Amerika

Kondisi ini menghadirkan tantangan khusus bagi Muslim yang membeli rumah di Minnesota

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agung Sasongko
Muslim Amerika (Ilustrasi)
Foto:

Sehingga Mahad sedang mempertimbangkan untuk menunda investasi real estatnya untuk saat ini.  Dia menunggu untuk mendapatkan pekerjaan bergaji lebih tinggi yang memungkinkan dia membayar uang muka yang lebih tinggi melalui pemberi pinjaman Islam.

“Biaya tambahan untuk mengelola pinjaman halal hanya untuk memastikan bahwa itu tetap halal—biayanya lebih mahal,” kata Mahad.

Imam Asad Zaman, direktur eksekutif Muslim American Society of Minnesota, mengaku khawatir bahwa kurangnya keterjangkauan dapat menyebabkan orang melanggar keyakinan mereka dan menggunakan pinjaman konvensional daripada pinjaman syariah.

“Mereka bersaing dengan harga pasar standar tetapi mereka tidak bersaing dengan harga pasar terbaik,” kata Zaman. 

“Akarnya adalah, tidak ada cukup pesaing.  Perlu ada bank kecil lain yang masuk, tambahnya.

Minnesota hanya memiliki sedikit pilihan untuk membeli rumah dengan cara halal.  Program bantuan uang muka memberi pembeli pertama kali pinjaman berbunga rendah.  Karena sebagian besar program mengenakan bunga, pinjaman tersebut tidak mungkin bagi pembeli rumah Muslim.

 “Satu-satunya cara seorang Muslim bisa mendapatkan keuntungan dari bantuan uang muka, yang dibayar dengan uang pajak kami, adalah dengan melakukan sesuatu yang melanggar keyakinan mereka,” kata Zaman. Alkhaledi Kurnialam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement