Senin 07 Jun 2021 19:00 WIB

Bimtek Penceramah Agama Kemenag, Ketua PBNU: Gak Efektif

Bimtek penceramah agama disarankan agar diserahkan kepara MUI atau ormas Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Wakil Ketua Umum Majeli Ulama Indonesia (MUI) Marsudi Syuhud (kanan).
Foto:

Kiai Marsudi mempertanyakan apakah Kemenag ingin menyelenggarakan sendiri bimtek tersebut. "Mau dikerjain sendiri (oleh) Kementerian Agama? Kuat apa? Apa bisa? (Padahal) tinggal Kemenag datang dan kasihkan ke MUI, NU, Muhammadiyah dan lainnya, selesai," katanya.

Menurut Kiai Marsudi, jika Kemenag ingin melakukannya sendiri, tidak akan berjalan efektif. "Kalau mau dikerjain sendiri, menurut saya, gak efektif. Ketika diserahkan ke organisasi, seperti MUI, itu sudah jalan. Kurang apanya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kiai Marsudi juga menanggapi Kemenag yang menyatakan akan menggandeng MUI dan ormas-ormas Islam dalam menggelar bimtek kepada dai. "Lha wong MUI sudah jalan, ormas sudah jalan, mau digandeng apanya. Tinggal dilaksanakan saja," ujarnya menjelaskan.

"Di NU sudah jalan, kaderisasai jalan, sertifikasi juga jalan, sama, di MUI juga (jalan). Saya yakin yang dibikin NU soal kebangsaan selesai. Sama juga yang di MUI juga dimasukin bagaimana cara berbangsa dan bernegara," katanya menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement