Senin 07 Jun 2021 17:55 WIB

Bahaya dari Sifat Hasad

Salah satu penyakit hati adalah hasad.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Tobat/Ilustrasi
Foto:

Kemudian sifat hasad menyebabkan kelelahan dan ambisi yang sama sekali tidak bermanfaat. Malahan itu semua mengandung dosa dan maksiat. Hasad pun menyebabkan orang buta mata hati sehingga prang yang bersifat hasad hampir tidak memahami hukum-hukum Allah.

Ahli Fiqih, Imam Sufyah Ats-Tsaurf mengatakan “Hendaklah kau berdiam diri niscaya kau akan memiliki sifat wara.’ Janganlah kau berambisi pada dunia, niscaya kau menjadi orang yang terjaga. Janganlah kau menjadi orang yang suka mencela niscaya kau akan selamat dari omongan orang. Janganlah kau dengki niscaya kau akan cepat paham.”

 

Bahaya sifat hasad terakhir adalah hasad bisa menjadi halangan dan hinaan. Hasad bisa menyebabkan seseorang sulit mendapatkan apa yang diinginkan dan tidak mendapatkan pertolongan untuk menghadapi musuh.

Imam Hatim Al-Asham mengatakan “Pendendam tidaklah sempurna agamanya. Orang yang suka mencela bukanlah seorang ahli ibadah yang ikhlas. Orang yang suka mengadu domba tidaklah dapat dipercaya. Dan orang yang dengki tidak akan mendapatkan pertolongan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement