Ahad 06 Jun 2021 04:15 WIB

Mustafa Ahmed: Islam Alasan Saya untuk Hidup

Mustafa Ahmed, seorang musisi Kanada berusia 24 tahun.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Mustafa Ahmed
Foto:

Hingga akhirnya, dia menemukan video penyanyi folk Amerika kulit hitam, Richie Havens yang tampil di Woodstock, dan mulai menggores permukaan musik rakyat.  “Sebagai orang-orang dari latar belakang tertindas, penting bagi kita untuk dapat memusatkan diri pada genre di mana kita tidak melihat diri kita sendiri,” kata Mustafa.

“Saya ingin orang-orang yang terlihat seperti saya, yang memiliki pengalaman seperti saya, melihat saya melakukan ini sehingga mereka dapat melihat diri mereka sendiri dalam genre ini," imbuhnya.

Karya Mustafa, dan khususnya video musiknya sangat kaya dengan referensi Islam.  “Menjadi seorang Muslim dalam suasana ini, menjadi pembela Palestina, menjadi orang kulit hitam, berasal dari pusat kota, Anda merasa seperti seluruh dunia menentang Anda. Anda merasa ada begitu banyak kekuatan yang ingin membungkam dan mengubur Anda," katanya. 

Dalam album When Smoke Rises, Mustafa tidak hanya mengabadikan teman-teman Mustafa yang hilang, tetapi juga lingkungannya yang berubah di Regent Park.  Dia bahkan merekam video musiknya di sana.  "Saya mencoba untuk mengabadikan kenangan pemuda Muslim kulit hitam yang layak untuk diabadikan," jelas Mustafa.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement