Ahad 06 Jun 2021 01:53 WIB

Adzan Kembali Berkumandang di Masjid Warisan Seljuk

Masjid Ebul Manucehr, yang terletak di kota kuno Ani di provinsi Kars, Turki.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Masjid Ebul Manucher Turki
Foto:

"Insya Allah, kami akan mengadakan pembukaan untuk beribadah di masjid ini, masjid pertama yang dibangun oleh orang Turki di Anatolia, pada bulan Agustus, pada peringatan 957 tahun penaklukan Ani,” katanya kepada Anadolu Agency (AA).

Tasdemir mengatakan bahwa pada tahap pertama, masjid akan dibuka untuk ibadah setelah 64 tahun absen. Instalasi termasuk pintu dan jendela, mimbar, mimbar tempat imam berdiri untuk menyampaikan khotbah dan mihrab, ceruk setengah lingkaran di dinding yang menunjukkan arah yang harus dihadapi umat Islam ketika sholat.

Pemugaran masjid secara menyeluruh kemudian akan dilakukan dengan dukungan dari 26 lembaga pembangunan. Dinding non-asli yang dibangun selama pendudukan Rusia akan dihapus sebagai bagian dari restorasi.

"Sama seperti masjid pertama Anatolia, tenaga kerja dari setiap inci Anatolia akan ada di sini," kata Tasdemir ketika dia mencatat berapa banyak lembaga dari berbagai penjuru Turki yang akan mendukung proyek tersebut, dilansir dari laman Daily Sabah, Sabtu (5/6).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement