Kamis 03 Jun 2021 05:08 WIB

Kisah Shotaro Noda Memeluk Islam di Era Ottoman

Shotaro Noda jatuh cinta dan masuk Islam pada 21 Mei 1891.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Shotaro Noda disebut-sebut sebagai warga Jepang pertama yang memeluk Islam di era Ottoman.
Foto:

Noda bertindak sebagai penerjemah untuk Kiyoura Keigo, calon perdana menteri Jepang yang datang ke Istanbul selama dia tinggal. Dia juga bertindak sebagai penerjemah untuk pengusaha Yamada Torajiro.

Yamada mengorganisir kampanye bantuan lain di Jepang, dan dia mungkin datang ke Istanbul pada bulan April dengan tujuan mengirimkan uang yang dia kumpulkan. Yamada pergi ke rumah Menteri Luar Negeri Sait Pasha untuk menemuinya, dan Noda dipanggil ketika pasha membutuhkan seorang juru bahasa untuk berkomunikasi dengan Yamada. Noda dan Yamada bertemu pada kesempatan ini.

Mencoba menjalin hubungan komersial antara Kekaisaran Ottoman dan Jepang, Yamada juga membantu Noda dalam pelajaran bahasa Jepangnya. Dia kemudian kembali ke Jepang pada Juli 1892. 

Setelah tinggal di negaranya selama satu tahun lagi, dia akan kembali ke Istanbul dan membuka toko yang menjual barang-barang Jepang di distrik Pera yang bersejarah. Dia akan tinggal di Kekaisaran Ottoman selama sekitar 10 tahun dan kembali ke Jepang setelah dimulainya Perang Rusia-Jepang pada 1905.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement