Sabtu 29 May 2021 16:19 WIB

Arifa Kodiyil, Petarung Berjilbab dari Kerala yang Disegani

Arifa menguasai seni bela diri tradisional dari Kerala, India.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Arifa Kodiyil, Petarung Berjilbab dari Kerala yang Disegani. Arifa Kodiyil, perempuan berjilbab yang menguasai seni bela diri tradisional Kalaripayattu dari Kerala, India.
Foto:

Setelah kematian Gurukkal Hamzathali, putranya, K M Haneefa Gurukkal, melanjutkan usaha sanggar Hamzathali Gurukkal Smaraka Kalari. Dia bercerita, saat Arifa pertama kali dikenalkan kalari, banyak masyarakat yang mengkritik dan memintanya tidak ditampilkan di atas panggung. Perempuan dianggap tidak ideal untuk berlatih kalari. 

“Kami sebagai keluarga tidak pernah mengindahkan kata-kata itu. Kami selalu meminta anak-anak kami tidak terhambat oleh komentar miring,” kata Haneefa.

“Kita hidup di masa ketika kedua jenis kelamin perlu tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri,” tambah Haneefa.

Dia mengatakan kini semakin banyak orang tua yang mulai mendaftarkan anak-anak mereka ke pusat pelatihan. Arifa juga meyakini pentingnya perempuan belajar seni bela diri.

Menurutnya, jika telah mengetahui gerakan dasar dan tekniknya, maka perempuan akan dengan mudah menggunakan barang-barang disekitarnya untuk melindungi dirinya. Peserta pelatihan Kalaripayattu biasanya dapat menggunakan senjata hanya setelah berlatih selama beberapa tahun di Meytaari, langkah pertama pelatihan yang berfokus pada genggaman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement