Jumat 28 May 2021 06:27 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Memohon Kebaikan

Ilmu, rezeki, dan amal ibadah adalah tiga hal yang baik dan mendatangkan pahala.

Naskah Khutbah Jumat: Memohon Kebaikan. Seorang Palestina berdoa selama sholat Jumat terakhir bulan suci Ramadhan di Masjid Dome of the Rock di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Yerusalem, Jumat, 7 Mei 2021.
Foto:

Nabi menjelaskan ilmu yang tidak bermanfaat sebagaimana hadis Riwayat Ibnu Majah nomor 254 berikut.

“ … dari Jabir bin ‘Abdullah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Janganlah kalian mempelajari ilmu untuk mendebat para ulama, meremehkan orang-orang bodoh, menghiasi (ria dalam) majelis. Barangsiapa melakukan hal itu, maka baginya neraka, baginya neraka.”

Kedua adalah permohonan untuk mendapat rizki yang baik. Adapun yang dimaksud rizki yang baik adalah rizki yang halal.

Sebab rizki yang halal tersebut adalah rizki yang nantinya akan menyelamatkan di akhirat. Rizki itu disebut halal apabila didapat dengan cara yang baik dan bukan berasal dari zat yang haram. Katakanlah dalam jual beli, maka jual belinya itu haruslah adil, dan barang yang dijual bukanlah barang yang haram zatnya seperti minuman keras.

Dalam kamus ­lisanul ‘Arab dijelaskan bahwa Ar-Rozaq adalah salah satu sifat Allah. Sebab Allah lah yang memberi rizki kepada makhluk seluruhnya, dan Allah jualah yang menciptakan rizki-rizki itu.

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement