Senin 24 May 2021 04:11 WIB

Bagaimana Cara Mualaf Memperlakukan Orang Tua Non-Muslim?

Islam memprioritaskan hubungan antara anak dan orang tua.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Cara Mualaf Memperlakukan Orang Tua Non-Muslim?
Foto:

Orang tua, Muslim atau bukan, memiliki hak yang sama atas anak-anak mereka termasuk rasa hormat, ketaatan, cinta, dan bantuan apa pun jika mereka membutuhkan. Allah SWT menahbiskan anak-anak Muslim memiliki perilaku yang terbaik terhadap orang tua mereka meskipun mereka non-Muslim.

Allah SWT berkata dalam Alquran, "(Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan)," (QS Luqman: 15).

Jelas dalam ayat ini bahwa anak-anak harus menjaga hubungan terbaik dengan orang tua (menemani mereka di dunia ini dengan baik hati), bahkan jika mereka berjuang dalam kesesatan. Namun, anak-anak tidak boleh menaati orang tua ketika mereka diperintahkan meninggalkan iman kepada Allah atau menjadi penyembah berhala.

 

Adapun Asma binti Abi-Bakr yang memiliki ibu non-Muslim berkata, "Ibuku datang mengunjungiku selama ada perjanjian antara Nabi dan Quraisy. Kemudian saya bertanya kepada Nabi (SAW) sambil berkata: Ibuku datang kepadaku dengan penuh keinginan, dapatkah aku berkomunikasi dengannya?" Nabi (SAW) berkata, "Ya, jagalah hubunganmu dengan ibumu," (Al-Bukhari dan Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement