Jumat 14 May 2021 14:19 WIB

Perayaan Idul Fitri yang Beragam Kembali Hidup di Saudi

Warga Saudi menjadi lebih tenang dan bersemangat merayakan Idul Fitri.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Perayaan Idul Fitri yang Beragam Kembali Hidup di Saudi. Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi.
Foto:

Idul Fitri di Makkah dan Taif

Meski pandemi mengganggu banyak perayaan di Makkah dan Taif, ritual Idul Fitri tetap tak terlupakan di hati orang-orang. Mereka merindukan detail terkecil dari Idul Fitri, dengan warisan sosial dan banyak adat istiadat yang telah diturunkan dari generasi ke generasi dan tetap dalam ingatan mereka.

Wali Kota Makkah Ray Zakhir, Fahad Al-Harbi, mengatakan orang Makkah memakai pakaian terbaiknya, mengenang kenangan favorit mereka tentang perayaan Idul Fitri di kota itu. “Mereka membagikan lawziyeh (kue almond shortbread), laymouniyeh, dan mushabbak. Mereka juga akan bertukar hadiah dan memberikan cokelat kepada anak-anak,” kata dia.

Zakhir menambahkan, umumnya keluarga menjadi lebih artistik dalam perayaan mereka untuk melestarikan warisan, adat istiadat, dan tradisi yang tersisa. Dia mengatakan Makkah terdiri dari campuran masyarakat dan suku yang telah berbaur bersama, di mana budaya telah selaras, menyoroti kesatuan kota yang indah.

"Keluarga di bawah satu atap akan menemukan berbagai hidangan, yang menggarisbawahi permadani indah Makkah,” kata dia.

Di Taif, tak jauh dari situ, pasar biasanya sudah ramai sebelum datangnya Idul Fitri, terutama yang populer seperti Souk Al-Balad. Salah satu warga Taif, Abdul Hadi Al-Mansouri, mengatakan momen terbaik Idul Fitri terjadi saat perayaan bertepatan dengan musim hujan dan mekarnya bunga, saat aroma bunga mawar menghiasi baju.

Ia menambahkan, kegiatan yang biasa dilakukan di Taman Al-Rudaf dan Taman Al-Faisaliah yang terkenal itu membawa keceriaan di hati masyarakat, menciptakan perayaan Idul Fitri yang ceria.

https://www.arabnews.com/node/1858016/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement