Jumat 14 May 2021 14:19 WIB

Perayaan Idul Fitri yang Beragam Kembali Hidup di Saudi

Warga Saudi menjadi lebih tenang dan bersemangat merayakan Idul Fitri.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Perayaan Idul Fitri yang Beragam Kembali Hidup di Saudi. Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi.
Foto:

Dia pun bercerita setelah pagi penuh dengan makanan, uang, hadiah, pakaian baru, dan cokelat mewah, warga Jeddah cenderung bangun sebelum sore dengan apa yang dalam bahasa sehari-hari disebut koma tidur Idul Fitri.

Seorang siswa di Dar Al-Hekmah Shatha Bukhari mengatakan, setelah semua orang bangun sepanjang pagi hingga tengah hari, kota menjadi lebih tenang di sore hari karena semua orang menikmati Idul Fitri untuk mengisi ulang energi malam itu. Warga Jeddah biasanya mengadakan pesta kedua di malam hari, menikmati makan malam barbekyu di rumah. Namun di hari kedua, mereka lebih memilih makan di resto yang bagus.

Dari barat ke selatan

Di bagian selatan Kerajaan, tepatnya di wilayah Jazan, orang mulai mempersiapkan Idul Fitri dua pekan sebelumnya. Seorang ibu empat anak yang memiliki rumah keluarga yang terletak di kota Jazan, Nahla Zameem, bercerita tentang beberapa wawasan mengenai tradisi daerah tersebut.

Dia mengatakan warga Jazan menganggap Idul Fitri lebih merupakan pernikahan besar bagi orang-orangnya. Para wanita suka merayakan Idul Fitri dengan cara tradisional, menggunakan bunga melati, pewarna henna, dan mengenakan jalabiya tradisional sebagai cara mengekspresikan kebahagiaan, keindahan, dan keanggunan.

Bunga melati dijadikan mahkota dan dililitkan di rambut, bahkan ada yang memilih kalung melati berukuran besar hingga panjang satu meter. Para wanita di wilayah ini juga memesan janji temu dengan seniman henna untuk menghias lengan dan kaki mereka dengan tato temporer dengan pola yang berbeda.

photo
Taateemah, aneka hidangan ringan untuk sarapan di Hari Raya Idul Fitri di Arab Saudi. - (Arabnews)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement