Kamis 13 May 2021 04:20 WIB

Lima Masjid Termegah dan Terindah di Singapura

Singapura memiliki masjid termegah dan terindah di Singapura.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Wisatawan menikmati suasana kawasan Masjid Sultan di Kampung Glam, Singapura, Jumat (16/8).
Foto:

Masjid Al-Islah

Jika Anda mencari masjid dengan arsitektur modern, Masjid Al-Islah patut Anda singgahi. Masjid Al-Islah sebenarnya dibangun pada tahun-tahun ketika kampung masih umum di Singapura.

Bahkan dulunya untuk melayani komunitas nelayan melayu hingga diruntuhkan pada tahun 1995 agar lahannya bisa dikembangkan. Selama bertahun-tahun, uang terkumpul untuk membangun masjid kembali dan pada Juni 2015, mimpi ini terwujud dengan selesainya pembangunan masjid yang terletak di Punggol. 

Masjid ini memiliki pintu melengkung dan layar berkisi-kisi yang memungkinkan banyak cahaya masuk dan menerangi ruang sholat.

Masjid Abdul Gafoor

Masjid Abdul Gafoor, yang dinamai menurut Syekh Abdul Gaffoor bin Syekh Hyder, adalah masjid indah yang terletak di sudut yang tenang di Little India. Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1859 dengan struktur kayu sederhana. Namun, pada tahun 1910, masjid itu ditingkatkan ke bentuknya yang sekarang. Kemudian mengalami pemulihan seharga 7 juta dolar pada tahun 2003.

Masjid ini istimewa terutama karena arsitekturnya yang unik yang menampilkan pengaruh dari Arab, India, dan periode Renaisans. Dilukis dengan warna-warna cerah hijau dan kuning, masjid ini juga menampilkan tiang-tiang Korintus yang besar dan desain daun yang rumit.

Masjid Abdul Gafoor dinyatakan sebagai monumen nasional pada tahun 1979 dan terus beroperasi hingga hari ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement