Sabtu 08 May 2021 10:55 WIB

Munjung Lebaran: Ada Cinta Dalam Sepotong Roti

Ada Cinta Dalam Sepotong Roti Lebaran

Berbagai makanan di lebaran tempo dulu.
Foto: Istimewa
Berbagai makanan di lebaran tempo dulu.

                       *****

Budaya memberikan hantaran istilahnya bermacam-macam. Di Jawa ada istilah munjung. di Betawi ada tradisi tukar rantang. Dan di tempat lain pun begitu, punya traidisi yang sama meski dengan nama berbeda.

Lebaran ini tak hanya ada di Indonesia. Di Turki dikenal dengan nama Seker Bayram yang secara harafiah berarti festival gula. Yakni mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat.

Di Mesir, ada makanan khas bernama ranja yang terbuat dari ikan asin dan acar, yang hanya muncul di hari Lebaran. Keluarga terdekat akan berkumpul di taman sambil membawa makanan masing-masing dari rumah, lalu saling berbagi dan makan bersama.

Tradisi membagi makanan dalam Islam telah dicontohkan Rasulullah SAW. Saat menyembelih kambing, Rasulullah SAW akan teringat dengan sahabat-sabahat istri tercintanya, ibunda Khadijah, dan meminta sebagian dibagi untuk mereka sebagai tanda kasih sayang.

Bahkan syariat zakat fitrah, yakni membagikan makanan pokok di malam Lebaran pun salah satu tujuannya adalah memastikan tidak ada Muslimin yang tidak punya makanan di Hari Raya.

Karenanya, begitu bungah hati saya ketika menerima pesan WA dari negeri yang jauh, “Mbak, saya mau kirim makanan ke Solo, okey ya?” Yang spontan langsung saya jawab, “Beneer yaaa. Aku tunggu.” Dan saya pun berdebar-debar menunggu makanan apa itu.

                 ****

Mengirimkan hadiah makanan untuk Lebaran bukan sekadar mengirimkan barang seperti biasa. Namun ada cinta dan ukhuwah yang terselip di dalamnya. Cinta dalam sepotong kue.

Yuk, kita saling berbagi kebahagiaan di 'Hari Kemenangan'.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement