Rabu 14 Apr 2021 18:39 WIB

Lembaga Dakwah PBNU Resmi Luncurkan Muslimapp.id

Muslimapp.id memudahkan umat Islam mengakses informasi seputar keislaman

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Muslimapp.id memudahkan umat Islam mengakses informasi seputar keislaman. (ilustrasi) logo nahdlatul ulama
Foto: tangkapan layar wikipedia
Muslimapp.id memudahkan umat Islam mengakses informasi seputar keislaman. (ilustrasi) logo nahdlatul ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Divisi Usaha Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD-PBNU) yang bekerjasama dengan PT Digital Muslim Global menghelat acara peluncuran wajah baru Muslimapp.id, startup aplikasi karya anak bangsa yang melayani kebutuhan Muslim Indonesia.

Ketua Divisi Usaha LD-PBNU sekaligus Komisaris Utama Muslimapp.id, KH Ahmad Nurul Huda, menjelaskan, dengan diluncurkannya Muslimapp.id, para ustadz dan kiai akan mendapatkan platform baru dalam berdakwah secara daring dan menyelenggarakan kelas konsultasi, training keislaman, atau konseling secara virtual.

Baca Juga

"Para ustadz dan kiai NU bisa berceramah atau mengadakan pengajian secara online di Muslimapp.id. Bahkan akan mendapatkan benefit berupa penghasilan dari digital revenue yang didapatkan Muslimapp.id," ujar pengasuh Pesantren Motivasi Indonesia di Bekasi itu, dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (14/4).

Kiai Ahmad Nurul Huda, yang biasa disapa Ayah Enha ini berharap Muslimapp.id dapat menjadi jembatan bagi para dai Nahdlatul Ulama dalam berdakwah tetapi tetap menyeimbangkan dengan penghasilan secara finansial. Di Muslimapp, para kiai dan ustadz bisa berceramah atau menyelenggarakan kelas pengajian, pelatihan, dan konseling. 

"Lalu duduk leyeh-leyeh, kemudian mendapatkan penghasilan. Inilah yang disebut fiddun ya hasanah wa fil akhirati hasanah, kebaikan di dunia dan akhirat," ujar Ayah Enha sambil berkelakar. 

Direktur Utama Muslimapp.id, Rachmad Isdiawan, menyebutkan aplikasi tersebut didirikan pada 2018 dan telah diunduh lebih dari 600 ribu pengguna mobile app di Indonesia, baik melalui platform android maupun IOS. Muslimapp mengembangkan fitur-fitur baru untuk menunjang kebutuhan muslim Indonesia dalam mempelajari Islam.

"Peluncuran Wajah Baru Muslimapp.id ini sekaligus mengenalkan fitur-fitur baru, yaitu berupa berita dan artikel keislaman, kajian keislaman dalam formal audio dan video live streaming, Islamic quote wallpaper, dan virtual Muslim class," ujar pria yang akrab disapa Davi itu.

Davi mengungkapkan, Muslimapp.id dengan wajah baru bertekad menjadi aplikasi karya anak bangsa yang menyediakan kebutuhan umat Islam, baik dalam hal ibadah, sosial, ekonomi, e-commerce, life style, konsultasi bisnis muslim, hingga pembelajaran keislaman dalam satu aplikasi dengan tagline All Muslim Needs in One App.

Muslimapp.id juga akan menghadirkan konten-konten keislaman yang disajikan oleh ustadz dan kiai yang memiliki kualifikasi keilmuan yang baik tentang keislaman. Karena itu, Muslimapp.id bekerjasama dengan LD-PBNU sebagai lembaga PBNU yang mewadahi para dai, pendakwah, dan penceramah NU.

Acara peluncuran tersebut dirangkai dengan tausyiah kebangsaan yang diselenggarakan di Gedung PBNU Jakarta, Senin (12/4). Peluncuran Muslimapp.id Wajah Baru dan tasyiah kebangsaan dengan tema 'Islam Indonesia Road to Digital Platform' itu menghadirkan pembicara tunggal, yaitu Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj.

Kiai Said juga sekaligus secara resmi meluncurkan Muslimapp.id Wajah Baru didampingi Ketua LD-PBNU, KH Agus Salim dan jajaran direksi Muslimapp.id. Selain itu hadir pula para pengurus PBNU, pengurus LD-PBNU, tokoh agama, dan jajaran direksi PT Digital Muslim Global.

Muslimapp.id adalah aplikasi keislaman karya anak bangsa yang hadir untuk melayani kebutuhan umat Islam Indonesia, dalam hal beribadah maupun aktivitas sosial lainnya. Termasuk menyajikan pembelajaran keislaman dengan mengedepankan Islam wasathiyah, toleran, dan damai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement