Kamis 08 Apr 2021 20:24 WIB

Mihrab Elemen Penting Sebuah Masjid

Salah satu elemen penting masjid adalah mihrab.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Mihrab Elemen Penting Sebuah Masjid. Foto ilustrasi: Penampakan ruang pengimanan Masjid Imam Syafi
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Mihrab Elemen Penting Sebuah Masjid. Foto ilustrasi: Penampakan ruang pengimanan Masjid Imam Syafi

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO --- Mihrab menjadi elemen penting dalam interior masjid. Praktisi seni dari Universitas Helwan Mesir, Yara Hatem mengatakan sebelum adanya pengeras suara, di mihrab para imam mengumandangkan adzan. Gaung suara yang muncul menarik jamaah untuk segera menyusun shaf sholat.

"Inilah sebabnya mengapa mihrab menjadi elemen penting dalam interior masjid mana pun," kata Yara Hatem yang menjabat sebagai asisten dosen di Sekolah Seni Rupa Universitas Helwan seperti dilansir Ahram Online pada Kamis (8/4).

Baca Juga

Hatem mengaku dirinya selalu terpesona melihat mihrab, terutama di Masjid Ghouri dan mausoleum di Jalan El-Muez.

“Kedua mihrab ini memiliki semuanya, desain geometris dan bunga, pemilihan material yang beragam, pengaruh aliran seni yang telah ada sebelum zaman Mamluk mereka memiliki semuanya dan keduanya indah dan sederhana, ”tambahnya.

Ketertarikan Hatem pada dua mihrab itu mendorongnya untuk menemukan inspirasi dari desain eksterior dan interior kontemporer dalam arsitektur Islam.

“Semakin banyak waktu yang saya habiskan untuk melihat dan memeriksa detail dari dua mihrab ini, semakin banyak item yang saya temukan di sana untuk mendapatkan inspirasi dari banyak hal yang dapat dilakukan di dinding, balkon, dan fasad bangunan yang kami bangun," katanya.

“Arsitektur Islam pada dasarnya selalu begitu fleksibel - dalam mengadopsi pengaruh dan bermain dengan material dan teknik. Itu selalu berkembang dan tidak pernah dimaksudkan tentang salin dan tempel, ” tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement