Rabu 07 Apr 2021 16:53 WIB

ACT-PLN Purwokerto Serahkan Sumur Wakaf untuk Desa Suro

Dengan adanya sumur wakaf ini, berarti di Desa Suro sudah ada delapan titik sumur bor

Logo Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Foto:

Kepala ACT Cabang Purwokerto Andi Rahmanto mengatakan sumur bor di Desa Suro merupakan sumur wakaf ke sembilan yang dibangun ACT Cabang Purwokerto. Ia menargetkan hingga bulan Ramadhan, jumlah sumur wakaf yang dibangun ACT Cabang Purwokerto mencapai 16 titik karena dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan meresmikan tujuh sumur wakaf untuk diserahkan kepada warga di sejumlah daerah.

"Insya Allah Ahad (11/4) akan kami resmikan empat sumur di Kemranjen, Banyumas, Senin (12/4) di Jatilawang,Banyumas, dan Selasa (13/4) di Merden,Banjarnegara. Insya Allah sebelum Ramadhan, semuanya sudah kami resmikan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya.

Menurut dia, sumur wakaf merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan air bersih yang selalu dihadapi masyarakat terutama saat musim kemarau. Ia mengatakan hal itu disebabkan penyaluran bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan saat musim kemarau hanya solusi sesaat.

"Solusinya harus ada sumur. Seperti yang dirasakan masyarakat Merden, Kabupaten Banjarnegara, tahun 2019 kami kirim bantuan (air bersih) 10 tangki saja masih kurang, maka solusinya harus dibuatkan sumber air (sumur bor) sehingga di tahun-tahun mendatang tidak ada yang kekurangan air," katanya.

Terkait dengan pengelolaan sumur wakaf tersebut, nantinya warga akan membentuk kepanitiaan yang bertugas menangani perawatan sumur dan sebagainya, demikian Andi Rahmanto.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement