Jumat 02 Apr 2021 09:30 WIB

Saudi Luncurkan Wi-Fi 6e di Eropa, Afrika, dan Timteng

Arab Saudi menjadi negara pertama menyediakan pita frekuensi 6 GHz penuh.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Saudi Luncurkan Wi-Fi 6e di Eropa, Afrika, dan Timteng
Foto:

Dalam hal kecepatan internet Arab Saudi mempertahankan posisinya sebagai negara dengan internet tercepat ke-7 di dunia untuk internet seluler, dengan rata-rata 109,48 Mbps pada Q4 2020, dan ke-4 di dunia untuk kecepatan internet 5G dengan rata-rata 264,7 Mbps.

Kecepatan unduh puncak 5G tercepat di dunia sebesar 862,6 Mbps dicatat oleh pengguna 5G Saudi, melampaui Korea Selatan di tempat kedua sebesar 11 persen. Pada 2020, sebanyak 5.358 menara 5G baru dikerahkan di seluruh negeri sehingga total menjadi 12.302 menara 5G pada akhir tahun.

Jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring dengan alokasi spektrum untuk penggunaan komersial yang terus meningkat, begitu pula permintaan akan layanan internet yang lebih cepat. Selain kecepatan internet yang lebih cepat, Wi-Fi 6e juga akan memungkinkan aplikasi jaringan di masa mendatang untuk berbagai penggunaan termasuk Internet of Things, rumah pintar, dan aplikasi realitas virtual.

Wi-Fi 6e juga akan meningkatkan efisiensi aplikasi nirkabel di industri pendidikan, kesehatan, dan hiburan dengan menghubungkan jaringan Wi-Fi dengan serat optik untuk memungkinkan transmisi data yang lebih cepat. Wi-Fi 6e juga membuka jalan bagi Wi-Fi 7 generasi berikutnya.

 

Sementara itu webinar yang diselenggarakan oleh CITC dihadiri oleh beberapa perusahaan multinasional, dengan pembicara dari Intel, Apple, Dynamic Spectrum Alliance (DSA), Microsoft, WiFi Alliance, Facebook, Hewlett Packard Enterprise, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement