Senin 22 Mar 2021 22:17 WIB

Seperti Apa Warga Eropa Barat Memandang Islam dan Muslim?

Pandangan negatif warga Eropa Barat terhadap Muslim sangat tinggi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Pandangan negatif warga Eropa Barat terhadap Muslim sangat tinggi. Ilustrasi umat Islam
Foto:

Sebaliknya, ada sedikit perbedaan tentang pertanyaan ini antara mereka yang mengatakan mereka tahu banyak atau beberapa tentang Islam dan mereka yang tahu tidak terlalu banyak atau tidak tahu sama sekali. 

Terlepas dari tingkat pengetahuan mereka tentang Islam di sebagian besar negara yang disurvei tidak setuju dengan pernyataan bahwa Muslim ingin memaksakan hukum agama mereka pada semua orang di negara ini.

Orang dewasa Swiss yang tahu banyak atau sedikit tentang Islam, misalnya, hanya empat persen lebih cenderung tidak setuju dengan pernyataan itu dibandingkan mereka yang kurang tahu tentang Islam. 

Secara regional, lebih banyak orang mengatakan bahwa mereka secara pribadi mengenal seorang Muslim  daripada mengatakan mereka tahu banyak atau beberapa tentang Islam. 

Di Prancis, yang memiliki persentase Muslim  tertinggi di Eropa Barat, hampir dua kali lebih banyak orang dewasa yang mengatakan bahwa mereka secara pribadi mengenal seorang Muslim  daripada yang mengatakan bahwa mereka memiliki setidaknya sedikit pengetahuan tentang Islam.

Meskipun mengetahui seorang Muslim lazim di sebagian besar negara di Eropa Barat, hal itu lebih jarang terjadi di Amerika Serikat, di mana 45 persen orang dewasa mengenal seseorang yang beragama Islam, menurut studi Pew Research Center secara terpisah.

Survei di Eropa Barat dilakukan di tengah perdebatan politik yang sedang berlangsung di seluruh wilayah tentang peran yang harus dimainkan oleh Islam dan Muslim  dalam masyarakat. 

Dalam 2018 saja, masalah ini telah memainkan peran penting dalam pemilihan umum nasional di sejumlah negara Eropa Barat, termasuk pemilihan umum 2017 di Austria dan Jerman dan pemilihan 2018 di Italia.n Ratna Ajeng Tejomukti

 

Sumber:pewresearch 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement