Senin 22 Mar 2021 13:44 WIB

Netanyahu Janji Ada Penerbangan Langsung Tel Aviv ke Makkah

Menjelang pemilu Israel, Benjamin Netanyahu menghadapi kritik luas.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Netanyahu Janji Ada Penerbangan Langsung Tel Aviv ke Makkah. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
Foto:

Dalam wawancara, Netanyahu mengatakan hubungan Israel dengan UEA sangat kuat. Dia menyebut Abu Dhabi bersumpah menginvestasikan 40 miliar syikal baru Israel atau 12 miliar dolar Amerika di Israel. Dia juga membual tentang kedekatannya dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menjelang pemilu, Netanyahu menghadapi kritik luas dengan ribuan pengunjuk rasa yang menuntut pengunduran dirinya selama berbulan-bulan. Warga Israel yang berdemonstrasi di luar kediamannya di Yerusalem pada Sabtu (20/3) lalu menyerukan diakhirinya kepemimpinan Netanyahu yang tinggal tiga hari sebelum pemilihan keempat Israel dalam dua tahun.

Dilansir Daily Sabah, Senin (22/3), para pengunjuk rasa berbaris di jalan-jalan, mengibarkan bendera, membenturkan drum, meniup klakson, dan meneriakkan yel-yel untuk mengganti pria konservatif berusia 71 tahun itu.

Jumlah kerumunan para demonstran terbanyak selama setahun terakhir. Media Israel melaporkan jumlahnya sekitar 20 ribu orang.

Meskipun Partai Likud sayap kanannya diperkirakan akan muncul sebagai partai terbesar dalam pemungutan suara 23 Maret, jajak pendapat memperkirakan tidak ada pemenang yang jelas dengan mayoritas di parlemen atau mampu membentuk pemerintahan. Situasi ini mirip dengan tiga pemilihan sebelumnya.

Tekanan kian meningkat dalam pemilihan umum terhadap Netanyahu yang diadili karena korupsi dan dituduh oleh para kritikus salah mengelola pandemi virus Covid-19. Semua tuduhan yang dia hadapi seperti kasus penyuapan, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan dibantah.

https://www.dailysabah.com/world/mid-east/netanyahu-vows-to-start-flights-from-tel-aviv-to-mecca-if-he-wins

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement