Sabtu 13 Mar 2021 14:46 WIB

Jelang Ramadhan, Ini 4 Cara Tingkatkan Spiritualitas

Seorang mukmin harus bekerja keras untuk berkomitmen dalam ibadahnya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jelang Ramadhan, Ini 4 Cara Tingkatkan Spiritualitas (ilustrasi).
Foto: Republika/mgrol101
Jelang Ramadhan, Ini 4 Cara Tingkatkan Spiritualitas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tidak terasa, beberapa pekan lagi Ramadhan akan tiba. Sudah waktunya bagi umat Muslim untuk mempersiapkan diri menjelang Ramadhan. Ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan spiritualitas seperti dilansir About Islam, Sabtu (13/3):

1.Fokuskan diri Anda

Allah berfirman dalam surat al-Hujurat ayat 13:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

 

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.”

Allah menganugerahi semua Muslim dengan akal sehingga mereka tahu perbedaan antara benar dan salah. Dengan ini, Anda bisa mengetahui perbuatan yang dapat menyebabkan dosa. Menjauhi diri dari dosa kecil dan besar adalah keharusan bagi umat Muslim. Beragam cara dapat dilakukan, misal menjauhkan dari pertemanan yang merugikan atau melindungi diri dari dosa.

2.Lekatkan hati Anda kepada Allah

Allah SWT telah membimbing umat manusia untuk melakukan shalat wajib lima kali sehari. Melalui ibadah dan doa, hati menjadi terikat kepada Allah. Anda dapat memperdalam ikatan tersebut dengan selalu bertakwa. Takwa berarti keshalehan dan ketakutan kepada Allah.

Rasulullah bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana dan kapan saja engkau berada. Susullah keburukan dengan amal kebaikan sebab itu bisa menghapusnya. Tunjukkan akhlak yang baik kepada manusia," (HR at-Tirmidzi).

3.Bangun di tengah malam

Tempat tidur bisa menghambat upaya untuk meningkatkan spiritualitas. Sebab, tempat tidur adalah tempat yang paling nyaman untuk berisitirahat di penghujung hari setelah seharian sibuk. Namun, terlalu lama di tempat tidur, bisa menyebabkan banyak kerugian contohnya menimbulkan kemalasan.

Waktu pada malam hari saat orang beriman membaca Alquran, berdoa, atau berzikir dikenal dengan Qiyamul Lail. Ketika bangun di tengah malam, Anda menyadari bagaimana beribadah saat itu bisa memengaruhi kerohanian dan meningkatkan spiritualitas.

4.Zikir dan Refleksi

Seorang mukmin harus bekerja keras untuk berkomitmen dalam ibadahnya. Rasulullah bersabda, “Keyakinan seorang hamba tidak akan teguh sampai hatinya menjadi teguh dan hatinya tidak akan teguh sampai lidahnya menjadi teguh,” (HR Ahmad).

Spiritualitas seorang Muslim berakar di dalam hati. Ketika itu mekar, cabang-cabangnya akan tumbuh dan berkembang dalam iman dan ketaatan kepada Allah SWT. 

 

Sumber: https://aboutislam.net/spirituality/4-ways-to-increase-spirituality-before-ramadan/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement