Selasa 09 Mar 2021 18:27 WIB

Habib Luthfi: Ulama Terdahulu tak Hanya Ahli Agama

Sulitnya mengumpulkan catatan sejarah para ulama terdahulu

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
bedah ensiklopedia ulama terpilih indonesia
Foto:

Di forum yang sama, Ketua Yayasan Amanah Kita sekaligus Penerbit Ensiklopedia Ulama Terpilih Indonesia, Hartono Limin mengatakan, pernah melihat ensiklopedia tentang tumbuhan dan hewan serta para penemu buatan luar negeri. Dari sana terpikir untuk membuat ensiklopedia ulama-ulama yang memiliki peran luar biasa di bumi Nusantara ini.

"Ulama-ulama kita begitu dahsyat dalam membawa Indonesia yang saat ini menjadi populasi Islam terbesar di dunia, padahal Islam itu masuk ke Indonesia sebagai agama yang terbaru," kata Hartono.

Hartono melihat para ulama terdahulu yang berdakwah di Indonesia memiliki kelebihan yang sangat luar biasa sehingga sangat patut dikenang oleh generasi mendatang. Untuk itu pihaknya mengajak teman-teman dalam mewujudkan ensiklopedia ulama ini.

Ia berharap, Ensiklopedia Ulama Terpilih Indonesia suatu saat nanti menjadi buku acuan atau buku rujukan. Ensiklopedia ini untuk diwariskan kepada generasi penerus.

"Jadi pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih banyak kepada Republika, mari kita sama-sama bergandeng tangan saling mengisi, agar ensiklopedia ini bisa menjadi buku rujukan untuk umat Islam," jelasnya.

Bedah Ensiklopedia Ulama Terpilih Indonesia menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Prof Mohammad Baharun sebagai Ketua Tim Penulis Ensiklopedia Ulama Terpilih Indonesia, Irfan Junaidi sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Republika, dan Ustaz Rakhmad Zailani Kiki sebagai pembawa acara bedah ensiklopedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement