Senin 01 Mar 2021 17:03 WIB

Pompeo Klaim Orang Saudi Ingin Normalisasi dengan Israel

Arab Saudi menegaskan kebijakannya tidak menjalin hubungan dengan Israel.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pompeo Klaim Orang Saudi Ingin Normalisasi dengan Israel. Mantan menteri luar negeri AS Mike Pompeo.
Foto:

Sumber di Yerusalem mengatakan Pompeo dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman pada November di kota Laut Merah Neom. Pertemuan itu dibantah oleh Arab Saudi. Hal tersebut memicu spekulasi hingar-bingar di Israel bahwa kesepakatan normalisasi mungkin sudah dekat.

Secara publik, Kerajaan Arab Saudi menegaskan kebijakannya yang telah berusia puluhan tahun untuk tidak menjalin hubungan dengan Israel sampai kesepakatan tercapai untuk menyelesaikan konflik Palestina.

Pemerintahan Trump mendekati Arab Saudi ketika berusaha mengisolasi musuh bersama Iran dan menahan kritik keras atas dugaan pelanggaran hak di kerajaan, termasuk atas pembunuhan jurnalis Saudi dan kritikus kerajaan Jamal Khashoggi pada 2018.

Melanggar pendekatan Trump, Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Jumat lalu Washington akan meminta pertanggungjawaban (Arab Saudi) atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Karena merilis laporan intelijen yang menuduh Pangeran Mohammed menyetujui pembunuhan Khashoggi oleh agen Saudi di Istanbul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement