Selasa 23 Feb 2021 17:21 WIB

New Istiqlal, Menuju Masjid Berdayakan Umat

Masjid Istiqlal memiliki program pendidikan kader ulama perempuan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
New Istiqlal, Menuju Masjid Berdayakan Umat. Suasana Masjid Istiqlal saat peringatan Milad ke-43 di Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021). di Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021). Wajah baru Masjid Istiqlal yang telah direnovasi itu memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah sekaligus memperhatikan aspek arsitektur, seni, hingga estetika.
Foto:

Menurut Nasaruddin, ada banyak perubahan yang dialami oleh Istiqlal selama 43 tahun belakangan. Sebelumnya Istiqlal berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag), namun kini sudah di bawah Presiden.

"Di samping itu program kita berubah, ada 41 program. Ada program pendidikan kader ulama, ada juga kader ulama perempuan. Kader ulama perempuan ini satu-satunya yang ada di dunia," kata dia.

Selanjutnya, Masjid Istiqlal juga dibuat sebagai tempat wisata religi. Ini juga akan menjadi wadah berkumpulnya kaum milenial. Dia mengatakan, ada simbol-simbol milenial yang akan membuat anak muda akan lebih mudah ke masjid.

"Harapan kami ke depan ini akan menjadi kiblat peradaban dunia islam. Karena orang Indonesia umat islam yang terbesar, memiliki stabilitas politik, dan perekonomian yang stabil," ucap Prof Nasaruddin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement