Sabtu 20 Feb 2021 14:37 WIB

7 Alasan Mengapa Jangan Pernah Tunda Bertobat

Terdapat hikmah mengapa jangan pernah menunda tobat

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat hikmah mengapa jangan pernah menunda tobat. Ilustrasi tobat
Foto:

Keempat, tobat membuat orang yang berdosa menjadi orang yang tidak berdosa. Dari Abu Said Al-Ansari, Rasulullah SAW bersabda: 

الندم توبة، والتائب من الذنب كمن لا ذنب له "Penyesalan adalah pertobatan, dan pertobatan dari dosa adalah seperti orang yang tidak memiliki dosa." (HR Al-Tabrani, dalam Shahih Al-Jami')

Kelima, tobat menunjukkan kualitas orang yang beriman. Allah SWT berfirman: 

"Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu." (QS  Taubat: 112)

التَّائِبُونَ الْعَابِدُونَ الْحَامِدُونَ السَّائِحُونَ الرَّاكِعُونَ السَّاجِدونَ الآمِرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّاهُونَ عَنِ الْمُنكَرِ وَالْحَافِظُونَ لِحُدُودِ اللّهِ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

Keenam, Allah SWT menyukai hambanya yang bertobat. Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan: 

لله أشد فرحا بتوبة عبده حين يتوب إليه من أحدكم كان على راحلته بأرض فلاة فانفلتت منه وعليها طعامه قد أيس من راحلته، فبينما هو كذلك، إذ هو بها قائمة عنده..

"Allah SWT begitu bergembira dengan tobat hamba-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang telah hilang di suatu tanah yang luas." (muttafaqun 'alaih)

Ketujuh, Allah SWT menunda datangnya kebaikan dan kemakmuran kecuali dengan bertobat. Maka, tidak ada cara untuk mencapai kebaikan di dunia dan akhirat tanpa bertobat. Allah SWT berfirman: 

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ "...Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (QS An-Nur: 31)  

 

Sumber: islamweb 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement