Senin 08 Feb 2021 19:33 WIB

Ulama Masuk Prioritas Vaksinasi? Ini Kata Kemenkes

Ulama masuk dalam kelompok petugas pelayanan publik.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Ulama Masuk Prioritas Vaksinasi? Ini Kata Kemenkes. Petugas bersiap menyuntik vaksin Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Pandak I, Bantul, Yogyakarta, Rabu (3/2). Sebanyak 52 Nakes akan disuntik vaksin Covid-19 untuk tahap pertama. Beberapa Puskesmas di Yogyakarta baru bisa menjalani imunisasi Covid-19 pada pekan ini.
Foto:

Ia menambahkan, peta jalan Kemenkes telah menargetkan, vaksinasi ini bisa selesai dalam kurun waktu hingga 15 bulan ke depan. Apalagi, target presiden Joko Widodo bisa diselesaikan dalam 12 bulan. 

"Tetapi tantangannya adalah bagaimana mendapatkan vaksinasi Covid-19 ini dalam jangka waktu setahun. Indonesia kan baru mengamankan sekitar 300 juta dosis vaksin, sementara kebutuhan vaksin sebanyak 426 juta dosis," ujarnya.

Ia menambahkan, sejauh ini belum ada penambahan vaksin untuk Indonesia. Ia menambahkan, Sinovac dan Astre Zeneca dijadwalkan datang selama periode Maret hingga Juni.

 

Rencananya akan ada tambahan 23,5 juta dosis dari Astra Zeneca. Pemerintah sedang mengupayakan penambahan kekurangan vaksin kemudian masyarakat bisa diimunisasi dan kekebalan kelompok (herd immunity) bisa terbentuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement