Kamis 04 Feb 2021 16:17 WIB

Kiprah Relawan Pemakaman Muslim di Bolton Saat Pandemi

Relawan Muslim di pemakaman berjuang di garis depan melawan Covid-19.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Kiprah Relawan Pemakaman Muslim di Bolton Saat Pandemi. Muslim Inggris.
Foto:

Di Preston, lembaga pemakaman mengumumkan ada 72 penguburan yang dilakukan di bagian Muslim di New Hall Lane Cemetery dibandingkan dengan 52 pemakaman tahun sebelumnya. Peningkatan angka kematian akibat pandemi ini telah menambah ketegangan pada relawan yang ingin melakukan penguburan dalam waktu sesingkat mungkin.

Selama gelombang pertama pandemi, ada 84 kematian, di mana 30 di antaranya diklasifikasikan sebagai kematian terkait Covid. Pada gelombang kedua Oktober, angkanya naik menjadi 95 dengan 39 di antaranya karena Covid-19. Jumlah kematian tertinggi dalam satu hari adalah tujuh dan penguburan terjadi selama beberapa hari.

Namun, di tengah peningkatan angka kematian akibat pandemi tersebut, tim dan staf pemakaman bekerja sepanjang waktu guna memastikan yang berduka tidak merasakan ketidaknyamanan. Pihak yang bertanggung jawab atas penguburan Muslim di kota Bolton adalah Dewan Masjid Bolton (BCom). Mereka dibantu oleh para relawan Muslim yang dengan sigap melakukan penguburan.

Sekretaris BCom, Imteyaz Ali, mengatakan, mereka memiliki sekitar 30 relawan reguler laki-laki dan perempuan yang berperan untuk memandikan jenazah, dan peran sebagai pengemudi serta pembersihan kuburan. "Mereka siap dipanggil sepanjang hari. Kami juga memiliki dua relawan yang datang ke rumah sakit," kata Imteyaz Ali, dilansir di This Is Lancashire, Kamis (4/2).

Ia mengatakan, peran relawan adalah memberikan dukungan dan komunikasi antara pasien dan keluarga. Mereka juga bertujuan meredakan kecemasan pasien dan membantu dengan cara apa pun yang mereka bisa dan mendukung mereka pada saat-saat tersulit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement