Selasa 02 Feb 2021 20:05 WIB

Masjid Sheffield di Inggris Jadi Klinik Vaksinasi Covid-19

Masjid adalah jantung dari komunitas.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Sheffield di Inggris Jadi Klinik Vaksinasi Covid-19. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath,  Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.
Foto:

"Kami mendengar beberapa orang khawatir vaksin mengandung bahan-bahan hewani, padahal sebenarnya tidak. Mereka cocok untuk Muslim, vegetarian, dan vegan," lanjutnya.

Kepala Perawat dan Pimpinan Vaksinasi Covid di NHS Sheffield Clinical Commissioning Group, ALun Windle, menyampaikan terima kasih kepada staf di Foundry PCN yang mendirikan klinik pop-up pertama di kota itu. Menurutnya, hal itu luar biasa karena begitu banyak orang dari berbagai komunitas bersedia divaksinasi guna melawan virus mematikan tersebut. Ia meyakini vaksin akan menyelamatkan nyawa.

"Beberapa komunitas memiliki keprihatinan yang sah dan dapat dimengerti tentang vaksin dan kami tahu sering ada hambatan dalam mendapatkan layanan tenaga kesehatan (NHS), jadi dengan membawa vaksin ke tempat yang dikenal diharapkan akan meningkatkan jumlah orang yang divaksinasi," kata Alun.

Di Sheffield, peluncuran vaksin ke komunitas setempat dimulai pada 14 Desember 2020. Setidaknya 83 panti jompo di kota itu dan lebih dari 80 persen dari tahun 80-an sekarang telah divaksinasi.

 

Meskipun begitu banyak orang yang divaksinasi, Alun mengatakan orang-orang tetap diimbau untuk terus mengikuti aturan jarak sosial untuk sementara waktu, termasuk semua yang telah divaksinasi. Hal itu karena mereka belum mengetahui apakah orang yang divaksinasi masih dapat tertular dan menularkan virus. Namun, mereka berharap hal itu dapat mengurangi risiko tertular tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement