Kamis 28 Jan 2021 22:06 WIB

Yordania Mulai Lagi Restorasi Masjid Al-Aqsa

Upaaya restorasi Masjid Al-Aqsa sempat dihambat Israel.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Yordania Mulai Lagi Restorasi Masjid Al-Aqsa. Orang-orang berdoa di Bukit Zaitun, menghadap ke Masjid Kubah Batu salah satu kompleks Masjid Al Aqsa untuk salat Jumat di Kota Tua Yerusalem, Jumat, 22 Januari 2021. Banyak orang salat di luar gerbang Kota Tua, karena pembatasan virus corona pada berkumpul di kompleks masjid.
Foto:

Ia mengatakan, ia dihubungi dan diberi tahu pada Rabu bahwa mereka dapat melanjutkan pekerjaan restorasi dan membawa bahan-bahan untuk pembangunan kembali. Ia menyebutkan, banyak fasilitas Masjid Al-Aqsa yang perlu diperbaiki, terutama dengan datangnya musim dingin dan musim hujan.

Sebelumnya pada Ahad lalu, pasukan Israel tiba-tiba menggerebek Kuil Kubah Batu (Dome of the Rock). Mereka kemudian melarang para pekerja menyelesaikan pekerjaan restorasi marmer dan perbaikan pada jangkungan dari masjid tersebut. Selain itu, mereka juga mengancam para pekerja tersebut dengan deportasi dan penangkapan jika mereka terus bekerja.

Lembaga agama Wakaf Islam Yerusalem menyampaikan dalam sebuah pernyataan, bahwa polisi Israel menutup pekerjaan dari departemen konstruksi Al-Aqsa dan mencegah pekerjaan restorasi dari situs-situs penting yang perlu segera diperbaiki.

Menurut hukum internasional, Wakaf Islam Yerusalem, yang berafiliasi dengan Kementerian Urusan Islam Awqaf dan Tempat-Tempat Suci Yordania, adalah pengawas resmi Masjid Al-Aqsa dan wakaf di Yerusalem. Sehingga, Yordania dianggap sebagai otoritas lokal terakhir yang mengawasi kesucian Palestina sebelum itu diduduki oleh Israel.

 

Yordania masih mempertahankan hak eksklusif untuk mengawasi urusan agama di Yerusalem sesuai dengan perjanjian perdamaian Wadi Araba yang ditandatangani antara Amman dan Tel Aviv pada 1994.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement