Jumat 29 Jan 2021 05:03 WIB

Jejak Peyoratif Kolonial Terhadap Islam dalam Kata Lanun

Jejak peyoratif kolonial terhadap Islam.

Johnny Depp sebagai Jack Sparrow di Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales.
Foto:

Di Mana Keturunan Iranun?

Berdasarkan keterangan kitab Raja Ali Haji itu, Raja Tebok dan Raja Alam putra Raja Ismail yang disebut juga raja lanun telah berhasil dangan pasukannya membela martabat Riau. Mereka mendapat sambutan baik dari pihak Riau dengan memperbaiki hatinya (dihibur) dipelihara, dipermuliakan sepatutnya. Kemudian, raja-raja lanun itu bermohon balik ke Tempasuk dan hanya Raja Muda Okma yang tetap tinggal di Riau. Tidak lama kemudian, Sultan Mahmud pindah ke Lingga.

Pada 2-7 November 2010 datanglah ke Riau (Tanjung Pinang dan Pekanbaru) dua orang tokoh Iranun Sabah, yakni OKK Hj Masrin Hj Hassin Yang Dipertua dan Abd Naddin Hj Shaiddin Ketua Penerangan Persatuan Bahasa dan Kebudayaan Iranun Sabah (BKI). Mereka ingin menjumpai keturunan Iranun di Riau dan hendak menyambung tali persaudaraan (silaturrahim) kembali dengan suku Iranun di Sabah.

Dengan merujuk pada kitab Raja Ali Haji tersebut, keturunan Iranun yang tinggal di Riau tentulah anak-cucu Raja Muda Okma. Mereka ini tentu saja telah nikah-kawin dengan penduduk setempat di Kepulauan Riau. Tapi, mungkin saja di antara mereka ada yang masih ingat bahwa mereka keturunan Iranun atau lanun, baik melalui ranji Raja Muda Okma maupun laskar lanun lainnya yang juga sudah nikah-kawin dan menetap di Kepulauan Riau atau Riau.

Kalau Raja Muda Okma dan anak buahnya mendapat tempat bermukim di Riau dari Sultan Riau, semisal, suatu pulau, tentulah keturunan ini akan mudah dikenal. Keturunan Iranun yang sudah 200 tahun terpisah dengan negeri Tempasuk Sabah yang sekarang berada di Kepulauan Riau atau Riau dapat menjalin persaudaraan kembali dengan kaum kerabatnya di Sabah, Malaysia.

Jika ini terjadi, tentu amat beharga bagi kepentingan ekonomi, sosial, dan budaya. Lebih dari itu, adalah rahmat Allah yang tiada terhingga. Mereka ini dapat menghubungi dua tokoh tadi melalui alamat OKK Haji Masrin Hj Hassin Yang Dipertua Persatuan Bahasa dan Kebudayaan Iranun Sabah (BKI) PO Box 1, 89157 Kota Belud Sabah, Malaysia. Semoga, Allah mempertemukan mereka dengan rahmat-Nya.*

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement