Selasa 26 Jan 2021 17:25 WIB

Hindari Berambisi Memiliki Apa yang Dipunyai Orang Lain 

Berambisi memiliki apa yang dimiliki orang lain jauh dari zuhud

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Berambisi memiliki apa yang dimiliki orang lain jauh dari zuhud. Ilustrasi zuhud
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Berambisi memiliki apa yang dimiliki orang lain jauh dari zuhud. Ilustrasi zuhud

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Hendaknya seorang Muslim senantiasa merasa cukup dengan apa yang dimilikinya. Mereka juga tak perlu berambisi dengan apa yang dimiliki  orang lain.

Sebab keinginan terhadap dunia dan isinya secara berlebihan akan menimbulkan rasa kesedihan serta kegundahan. Zuhud terhadap dunia akan lebih membuat hati manusia menjadi nyaman. Dalam sebuah hadits disebutkan: 

Baca Juga

عَنْ أَبي العَباس سَهلٍ بنِ سَعدِ السَّاعِدي رضي الله عنه قَالَ: أتى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ: دُلَّنِيْ عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلتُهُ أَحَبَّنِيَ اللهُ، وَأَحبَّنِيَ النَاسُ؟ فَقَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم: (ازْهَدْ فِي الدُّنيَا يُحِبَّكَ اللهُ، وازْهَدْ فيْمَا عِنْدَ النَّاسِ يُحِبَّكَ النَّاسُ) حَدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ ابْنُ مَاجَه وَغَيْرُهَ بِأَسَانِيْدَ 

Dari Abul Abbas Sahl bin Sa'ad As-Sa'idi RA, dia berkata: “Seseorang telah datang kepada Nabi SAW lalu mengatakan: “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah kepadaku sebuah amalan yang apabila aku mengamalkannya Allah SWT dan manusia mencintaiku.

 

Maka beliau SA menjawab: "Bersikaplah zuhud terhadap dunia, niscaya Allah SWT akan mencintaimu dan bersikaplah zuhud engkau terhadap apa yang ada pada manusia niscaya mereka akan mencintaimu." (HR Ibnu Majah).  

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement