Selasa 26 Jan 2021 15:45 WIB

MUI Minta Dai Tingkatkan Literasi Wakaf Umat

Sosialisasi dari dai bisa meningkatkan literasi wakaf masyarakat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
MUI Minta Dai Tingkatkan Literasi Wakaf Umat
Foto:

Kiai Zubaidi menyampaikan Badan Wakaf Indonesia (BWI) sekarang punya program wakaf uang yang ditempatkan di sukuk. Sekarang dana wakaf dibuat produktif, hasilnya baru dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

"Intinya saya ingin melibatkan para dai dalam mensosialisasikan wakaf, baik wakaf secara umum maupun wakaf uang," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) serta Brand Ekonomi Syariah Tahun 2021 dari Istana Negara pada Senin (25/1). Sekretaris Jenderal (Sekjen) MUI, Buya Amirsyah Tambunan juga berharap GNWU bisa menggali potensi wakaf yang banyak di Indonesia. 

Buya Amirsyah menilai, GNWU memerlukan pengayaan pemahaman kepada semua pihak terkait wakaf uang. Sehingga GNWU bisa menggali potensi wakaf yang sangat besar. Ia berharap umat Islam Indonesia sebagai mayoritas mampu mengimplementasikan nilai-nilai ekonomi syariah melalui GNWU.

 

"Supaya gerakan (GNWU) ini tidak sekdar seremonial tapi betul-betul substansial dan bisa memberi manfaat ke masyarakat luas," kata Buya Amirsyah kepada Republika.co.id, Senin (25/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement