Jumat 22 Jan 2021 09:06 WIB

Wapres Sebut Ada 3 Langkah Besar untuk Transformasi Wakaf

Wafak uang baru 0,14 persen dari potensi yang sebenarnya.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Tanah Wakaf
Foto:

 

Sebelumnya, di beberapa kesempatan Wapres Ma'ruf kerap menyingung potensi wakaf yang cukup besar namun belum optimal. Berdasarkan data Badan Wakaf Indonesia (BWI), potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp180 Trilliun. Namun, dari data BWI juga, wakaf uang yang terkumpul sejak tahun 2011-2018 hanya Rp 255 miliar atau 0,14 persen dari potensinya.

Sementara data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukan pengumpulan wakaf uang di KSPPS/USPPS baru mencapai Rp33,7 miliar pada Maret 2020.

Padahal, Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia menjadi salah satu negara paling dermawan berdasarkan survei World Giving Index 2019. Karena itu, dengan adanya gerakan transformasi wakaf tunai nantinya diharapkan dapat memaksimalkan penerimaan dana sosial dari wakaf.

 

"Gerakan Nasional Wakaf ini sedang kita rancang, dan saya sudah bicara dengan Presiden Jokowi dan Presiden setuju kita akan melakukan Gerakan Nasional Wakaf Tunai," ujar Ma'ruf saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2020 melalui daring, Kamis (22/10).

 

Ma'ruf mengatakan, nantinya gerakan nasional wakaf tunai ini akan melibatkan umat muslim mulai dari jajaran petinggi negara, hingga masyarakat. Dengan jumlah penduduk muslim yang ada, ia meyakini potensi wakaf tunai akan sangat besar.

 

"Ini akan kita launching nanti dan melibatkan semua yang mengaku nuslim dari mulai Presiden, Wapres, menko-menko, menteri, BI, OJK, semua sampai kepada semua pejabat, gubernur, bupati, kita ingin membangun yaitu Gerakan Nasional Wakaf Tunai," ujar Ma'ruf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement