Rabu 20 Jan 2021 05:20 WIB

Muslim India Segera Mulai Pembangunan Masjid Ayodhya

Pembangunan masjid di Ayodhya merupakan pengganti Masjid Babri.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Muslim India Segera Mulai Pembangunan Masjid Ayodhya. Ini Penampakan Desain Masjid Ayodhya di India
Foto:

Badan tersebut mengatakan bendera nasional akan dikibarkan di sebidang tanah seluas lima hektare yang disebut Proyek Masjid Dhannipur diikuti dengan penanaman pohon. “Diputuskan bahwa Indo-Islamic Cultural Foundation akan merayakan Hari Republik India tahun ini dengan dimulainya Proyek Masjid Dhannipur, yang meliputi rumah sakit, museum, perpustakaan, dapur komunitas, Pusat Penelitian Kebudayaan Islam, dan  rumah penerbitan dan masjid, ”kata sekretaris IICF Athar Hussain dalam pernyataannya.

“Proyek harus dimulai dengan penanaman anakan pohon di lahan seluas lima hektare. Seperti yang dibayangkan dalam proyek ini, area hijau, yang akan memiliki tanaman dari seluruh dunia, dari hutan hujan Amazon hingga area yang mengalami kebakaran semak di Australia. Tanaman juga berasal dari semua wilayah geografis berbeda di India akan dikembangkan untuk menciptakan kesadaran tentang ancaman yang akan segera terjadi, perubahan iklim,” tambah pernyataan itu.

Laporan media India pekan lalu mengatakan Presiden Ram Nath Kovind menyumbangkan sekitar Rp 95 juta yang memicu kritik oleh kelompok dan aktivis Muslim atas langkah di negara yang resmi sekuler itu. Banyak pemimpin BJP lainnya juga berkontribusi, dengan kepercayaan Hindu mengatakan mereka juga akan menghubungi Perdana Menteri Narendra Modi dan pejabat pemerintah lainnya untuk meminta dana.

 

Media lokal juga melaporkan ketegangan agama di beberapa tempat karena upaya untuk mengumpulkan dana untuk kuil dilakukan di seluruh negeri. Kelompok-kelompok sayap kanan Hindu juga diduga mengangkat slogan-slogan yang menghasut dan melecehkan Muslim terkait pengumpulan dana ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement