Selasa 19 Jan 2021 18:10 WIB

Sebut Islam Bukan Agama, Uskup Agung Yunani Dikecam

Kelompok non-Muslim di Turki menyayangkan pernyataan itu.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Uskup Agung Athena dan seluruh Yunani Ieronymos II.
Foto:

Menurutnya, peradaban Islam selalu memungkinkan orang-orang untuk hidup bersama selama berabad-abad, terlepas dari keyakinan, agama, dan budaya mereka. Kata-kata Uskup Agung Yunani juga dikecam oleh umat Islam yang tinggal di Yunani.

Mereka mengatakan, retorika yang lebih "konstruktif" diperlukan untuk membangun lingkungan yang damai, terutama di masa kontemporer yang dilanda pandemi ini. Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di platform media sosial Twitter, organisasi Muslim di Yunani, Dewan Konsultasi Minoritas Turki Trakia Barat (BTTADK), mengatakan mereka berharap bahasa yang lebih damai digunakan daripada wacana anti-Islam di masa-masa sulit seperti pandemi ini.

Selain itu, Persatuan Masyakarat Turki Xanthi, yang merupakan salah satu dari tiga organisasi paling penting dari minoritas Turki di Trakia Barat, yang didirikan pada 1927, menyebut pernyataan tersebut sebagai serangan Islamofobia dan juga kejahatan rasial.

Di situs mereka, kelompok tersebut mengatakan fakta pernyataan yang dipenuhi dengan penghinaan itu, berasal dari nama nomor satu di gereja Yunani bisa meningkatkan ketegangan situasi. Mereka lantas mendesak Ieronymos meminta maaf.

"Kami melihat langkah ini sebagai salah satu contoh khas dari meningkatnya Islamofobia dan xenofobia di Yunani dalam beberapa tahun terakhir," tambahnya.  

 

https://www.trtworld.com/magazine/greek-archbishop-insults-islam-says-it-is-not-a-religion-43359

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement