Selasa 19 Jan 2021 18:10 WIB

Sebut Islam Bukan Agama, Uskup Agung Yunani Dikecam

Kelompok non-Muslim di Turki menyayangkan pernyataan itu.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Uskup Agung Athena dan seluruh Yunani Ieronymos II.
Foto:

Berbicara dengan TRT World, seorang anggota senior dari komunitas ortodoks di Turki yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan momentum pernyataan Ieronymos sangat disayangkan. Sebagai non-Muslim di Turki, ia juga mengecam pernyataan uskup tersebut.

"Kekerasan tidak ada hubungannya dengan agama apa pun, ini terjadi tepat pada saat hubungan antara Turki dan Yunani semakin baik. Sedih sekali, saya sama sekali tidak setuju dengan apa yang dikatakan," katanya.

Kepala Direktorat Urusan Agama Turki, Ali Erbas, pada Ahad lalu juga mengecam pernyataan Uskup Agung yang menghina Muslim dan Islam. Dia mengimbau umat Kristen menentang mentalitas sakit semacam ini.

Ia mengatakan, tugas kependetaan yang paling penting, yang berjuang untuk perdamaian dan ketenangan, harus berkontribusi pada budaya koeksistensi. "Dunia Kristen harus melawan mentalitas yang sakit ini. Wacana yang bertujuan meminggirkan umat Islam ini mengumpan perspektif rasis terhadap mereka, dan mengarah pada serangan terhadap kehidupan dan tempat ibadah mereka," kata Erbas.

Erbas juga mengatakan komentar tersebut memprovokasi masyarakat yang berpotensi menebar kebencian, permusuhan dan kekerasan terhadap Islam. Ia lantas menyebut Islam sebagai agama damai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement