Selasa 19 Jan 2021 09:06 WIB

Darurat Bencana, ACT Luncurkan Kapal Kemanusiaan

ACT mengajak masyarakat untuk bahu-membahu membantu dengan memberikan solusi nyata

Rep: Santi Sopia/ Red: Gita Amanda
Kapal Kemanusiaan ACT. Merespon bencana yang datang bertubi-tubi ke Tanah Air, ACT meluncurkan Kapal Kemanusiaan. (Ilustrasi)
Foto:

ACT ingin mengingatkan kembali bahwa Indonesia adalah bangsa yang dermawan, tidak hanya untuk bangsanya sendiri namun juga membantu bangsa lain yang membutuhkan. Termasuk di antaranya ancaman kelaparan, kesehatan, kehilangan tempat tinggal, kehilangan pekerjaan, kesulitan pendidikan, dan berujung pada kemiskinan.

Di tahap awal terjadinya bencana, proses penguasaan teritorial wajib dilakukan untuk melihat seberapa besar dan luas bencana ini terjadi, seberapa banyak kerusakan dan korban yang terjadi, titik-titik pengungsian ada di mana saja. Kedua, ACT menyiapkan dan aktivasi semua posko-posko bantuan, agar sampai langsung kepada yang membutuhkan.

Hingga saat ini, sekitar 300 ribu relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) terus bergerak untuk membantu para penyintas bencana dengan melakukan beragam aksi yang dibutuhkan. Misalnya Search and Rescue (SAR), layanan medis, pendistribusian bantuan pangan untuk meringankan beban saudara terdampak bencana. Donatur bisa menyalurkan kontribusi melalui website www.Indonesiadermawan.id atau seluruh niaga elektronik yang menjadi mitra ACT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement