Ahad 17 Jan 2021 20:01 WIB

Dosa Muslim Dihapuskan Saat Tertimpa Suatu Musibah    

Allah SWT akan menghapuskan dosa Muslim yang tertimpa musibah

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT akan menghapuskan dosa Muslim yang tertimpa musibah. Musibah gempa Majene Sulawes Barat
Foto: AP Photo/Yusuf Wahil
Allah SWT akan menghapuskan dosa Muslim yang tertimpa musibah. Musibah gempa Majene Sulawes Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat manusia untuk bersabar dalam menghadapi ujian dan cobaan apapun di dunia. 

Begitu besar pahala orang-orang yang bersabar. Rasulullah SAW dalam sabdanya memberikan kabar gembira bagi Muslim yang bersabar saat tertimpa musibah. Ini sebagaimana riwayat Muslim dari Aisyah RA:

Baca Juga

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ مُصِيبَةٍ يُصَابُ بِهَا الْمُسْلِمُ إِلَّا كُفِّرَ بِهَا عَنْهُ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا

“Aisyah RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada satupun musibah (cobaan) yang menimpa seorang Muslim, melainkan dosanya dihapus Allah Ta'ala karenanya, sekalipun musibah itu hanya karena tertusuk duri." (HR Muslim)

Dalam sabda Rasulullah SAW lainnya yang diriwayatkan Sunan Ibnu Majah. Rasulullah SAW menyampaikan firman Allah yang menyampaikan bahwa orang-orang yang sabar akan mendapatkan pahala surga. Ini sebagaimana riwayat Ibnu Majah dari Abu Amamah RA: 

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَقُولُ اللَّهُ سُبْحَانَهُ ابْنَ آدَمَ إِنْ صَبَرْتَ وَاحْتَسَبْتَ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُولَى لَمْ أَرْضَ لَكَ ثَوَابًا دُونَ الْجَنَّةِ

Dari Abu Amamah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Nabi Muhammad SAW bersabda, "Allah SWT berfirman: Hai anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhoi bagimu sebuah pahala kecuali surga." (HR Ibnu Majah)

Melalui dua hadits ini dapat dilihat Allah SAW memberikan pahala yang sangat besar bagi Muslim yang bersabar. Hal ini mengisyaratkan betapa pentingnya bagi setiap Muslim memiliki sifat sabar.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement