Kamis 14 Jan 2021 05:35 WIB

Mengapa Jumlah Umat Islam Diproyeksikan Lampaui Kristen?

Jumlah umat Islam diproyeksikan akan lampaui populasi Kristen dunia.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Jumlah umat Islam diproyeksikan akan lampaui populasi Kristen dunia. Ilustrasi umat Islam
Foto:

Pertumbuhan populasi Muslim juga dibantu fakta bahwa Muslim memiliki usia rata-rata termuda (24 tahun 2015) dari semua kelompok agama utama, lebih muda tujuh tahun dari usia rata-rata non-Muslim (32).

Sebagian besar umat Islam akan segera berada pada titik kehidupan mereka ketika orang mulai memiliki anak. Ini, ditambah dengan tingkat kesuburan yang tinggi, akan mempercepat pertumbuhan penduduk Muslim.  

Lebih dari sepertiga Muslim terkonsentrasi di Afrika dan Timur Tengah, wilayah yang diproyeksikan mengalami peningkatan populasi terbesar. Tetapi bahkan di wilayah dengan pertumbuhan tinggi ini dan juga wilayah lainnya Muslim diperkirakan tumbuh lebih cepat daripada anggota kelompok lain. 

Misalnya, Muslim di sub-Sahara Afrika, rata-rata, lebih muda dan memiliki kesuburan lebih tinggi daripada  populasi keseluruhan di wilayah tersebut.  

Faktanya, Muslim diharapkan tumbuh sebagai persentase di setiap wilayah kecuali Amerika Latin dan Karibia, di mana relatif sedikit Muslim tinggal. 

Dinamika yang sama juga terjadi di banyak negara di mana Muslim tinggal dalam jumlah besar bersama kelompok agama lain. Misalnya,  jumlah Muslim India tumbuh  pada tingkat yang lebih cepat daripada populasi mayoritas Hindu di negara itu, dan diproyeksikan meningkat dari 14,9 persen persen dari populasi India pada 2015 menjadi 19,4 persen (atau 333 juta orang) pada pada 2060.

Sementara terdapat jumlah yang serupa Muslim dan Kristen di Nigeria pada 2015, Muslim memiliki kesuburan yang lebih tinggi di sana dan diperkirakan akan tumbuh menjadi mayoritas populasi Nigeria (60,5 persen) pada 2060. 

Sementara itu, perpindahan agama yang diperkirakan akan menghambat pertumbuhan umat Kristen sekitar 72 juta antara 2015 dan 2060 diperkirakan tidak akan berdampak negatif pada pertumbuhan populasi Muslim.

BACA JUGA: Beredar Video Barisan Ambulans dan Antrean Pemakaman di TPU Tegal Alur Jakarta, Benarkah?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement