Senin 11 Jan 2021 17:08 WIB

Fitriya Ingin Satukan Wanita Muslim Kanada Lewat Olahraga

Wanita Muslim dapat mempraktikkan keyakinan mereka dan menaklukkan lapangan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Fitriya Ingin Satukan Wanita Muslim Kanada Lewat Olahraga. Muslimah Kanada, Fitriya Mohamed, jatuh cinta dengan olahraga basket. Fitriya menorehkan prestasi dengan menjadi Atlet Wanita Terbaik Tahun Ini di SMUnya.
Foto:

"Komitmen saya pada olahraga menunjukkan saya ingin melakukan sesuatu dengannya," katanya.

Komitmennya itu juga terinspirasi oleh atlet wanita Muslim di seluruh dunia, termasuk Bilqis Abdul-Qaadir, wanita Muslim Amerika yang pada 2018 menentang keputusan Federasi Bola Basket Internasional terhadap wanita berhijab yang bermain secara profesional.

"Saya tidak bisa yakin jika saya ingin melangkah lebih jauh di arena internasional, itu tidak akan mungkin," kata Fitriya.

Tekad dan kecintaannya pada olahraga basket itu ia wujudkan dengan memulai liga olahraga untuk wanita Muslim, yang juga bertindak sebagai organisasi nirlaba. Liga tersebut dibuatnya sebagai organisasi nirlaba, karena begitu banyak orang yang tidak memiliki dana tetapi mereka memiliki hasrat untuk masuk tim olahraga. Dia juga memuji Klub Anak Laki-laki dan Perempuan serta pusat komunitas setempat karena menawarkan cara murah untuk berlatih dan berprestasi di luar sekolah.

"Menciptakan ruang sebagai organisasi nirlaba berarti orang tidak perlu khawatir tentang beban keuangan," lanjutnya.

Tahun lalu, Fitriya meluncurkan Liga Bola Basket Musim Panas Wanita Muslim, yang didedikasikan untuk menyatukan wanita Muslim di Toronto dan daerah sekitarnya melalui bola basket. Musim pertama permainan terganggu oleh Covid-19, tetapi ia berharap liga akan berada dalam kekuatan penuh pada musim panas ini.

Fitriya memiliki impian besar, bahwa ia ingin perwakilan perempuan Muslim di area Toronto yang lebih luas (GTA) dan sekitarnya. Harapannya adalah liga-liga yang bermunculan di seluruh dunia menghubungkan wanita Muslim melalui olahraga.

"Ini perlu menjadi sesuatu yang diperhatikan orang-orang," kata Fitriya.

Saat ini, ia tengah belajar untuk master dalam manajemen olahraga di Brock. Dengan kemitraan MWSBL dengan organisasi lain yang berbasis di Toronto, seperti Hijabi Ballers, jaringan orang-orang seperti Fitriya dalam olahraga berkembang. Seperti tekadnya, bahwa ia ingin menciptakan ruang untuk wanita Muslim mengisi mimpi dalam bidang olahraga sembari menjalankan keyakinan agama mereka.

"Ini benar-benar hanya masalah memiliki ruang untuk kita. Percakapan telah dimulai," ujarnya.

 

https://www.thestar.com/life/together/people/2021/01/10/fitriya-mohamed-is-changing-the-game-and-the-conversation-around-muslim-women-in-sports.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement