Senin 11 Jan 2021 17:08 WIB

Fitriya Ingin Satukan Wanita Muslim Kanada Lewat Olahraga

Wanita Muslim dapat mempraktikkan keyakinan mereka dan menaklukkan lapangan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Fitriya Ingin Satukan Wanita Muslim Kanada Lewat Olahraga. Muslimah Kanada, Fitriya Mohamed, jatuh cinta dengan olahraga basket. Fitriya menorehkan prestasi dengan menjadi Atlet Wanita Terbaik Tahun Ini di SMUnya.
Foto:

Fitriya lantas memuji pelatihnya Greg Brohman karena mengubah cara dia memandang dirinya sendiri. Sebab berkat sang pelatih itu, Muslimah kulit hitam ini lebih berani menjajali olahraga tanpa merasa berbeda dari yang lainnya.

"Dia percaya pada saya. Dia tidak pernah memperlakukan saya secara berbeda karena saya seorang wanita Muslim," ungkapnya.

Fitriya kemudian mencoba setiap olahraga yang dia latih, mulai dari bola basket, sepak bola, dan bulu tangkis. Ketika lulus, Fitriya menorehkan prestasi dengan menjadi Atlet Wanita Terbaik Tahun Ini di sekolah tersebut.

Karena itu, bola basket kian mendarah dalam dirinya. Dia pun merencanakan masa depannya dengan olahraga tersebut, ketika ia memutuskan untuk mengambil studi tentang manajemen olahraga. Ibunya awalnya tidak mendukung pilihan jurusannya. Sang ibu, kata Fitriya, lebih menyukai sesuatu yang lebih tradisional.

Namun akhirnya, orang tuanya memahami keinginan Fitriya. Pada 2015, ia mulai belajar manajemen olahraga di Brock University. Fitriya begitu menyukai bola basket. Namun, ia kemudian menyadari pengalamannya sendiri, tumbuh di Jane dan Weston, di kota dengan banyak keragaman seperti di Toronto, tidak tercermin dalam dunia olahraga yang dia lalui sekarang.

Ketika dia bermain olahraga tersebut, dia kerap menjadi satu-satunya wanita kulit hitam, Muslim atau berhijab di lapangan tersebut. Setelah lulus pada 2019, Fitriya memutuskan untuk melihat perbedaan itu sebagai peluang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement