Jumat 01 Jan 2021 14:22 WIB

Baznas Hasilkan 73 Riset Zakat Sepanjang 2020

Semua bentuk publikasi ini dapat diakses secara bebas.

Baznas Hasilkan 73 Riset Zakat Sepanjang 2020. Petugas Amil Zakat memberikan informasi kepada warga yang hendak membayar Zakat di Stand Pelayanan Zakat Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (12/5). Di tengah Pamdemi Covid-19 UPZ Baznas Masjid Istiqlal tetap membuka pelayanan pembayaran Zakat Mal, Zakat Fitrah, Fidyah dan Infaq dengan memberikan dua pilihan pembayaran yaitu dengan cara datang langsung serta dengan cara transfer ke rekening yang ditetapkan
Foto:

Selain itu, sepanjang semester pertama tahun 2020, Puskas Baznas juga telah mempublikasikan 7 kajian strategis dalam bentuk buku pengelolaan zakat. Sementara pada semester kedua di tahun yang sama, Puskas Baznas menerbitkan 12 kajian strategis dalam bentuk buku pengelolaan zakat dan mengeluarkan tiga edisi jurnal internasional.

Hasbi juga memaparkan tentang Zakatnomics, yang merupakan kesadaran untuk membangun tatanan ekonomi baru yang didasari dari semangat dan nilai-nilai luhur syariat zakat, yaitu semangat ketakwaan, semangat produktif, dan berekonomi dengan adil serta semangat mengejawantahkan Ziswaf dalam praktek kehidupan.

Dia menambahkan Indeks Pembangunnan Zakatnomics (IPZN) digunakan sebagai alat ukur baru yang dikembangkan Puskas BAZNAS dengan 17 dimensi dan 31 variabel yang merepresentasikan konsep Zakatnomics.

"IPZN dapat dijadikan alat ukur yang relevan dan reliabel dalam mengukur level pembangunan ekonomi daerah berdasarkan konsep Zakatnomics,” lanjut Hasbi.

Kajian ini merekomendasikan kepada regulator baik itu pemerintah daerah dan juga Baznas untuk mengimplementasikan IPZN dalam mengukur kinerja pembangunan ekonomi daerah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengharapkan adanya refleksi pengelolaan zakat lewat riset Baznas maupun hasil kolaborasi dengan lembaga lainnya. “Banyak potret-potret dan fakta lain di lapangan yang menggambarkan kondisi mustahik maupun muzaki di masa pandemi ini," ujar Bambang.

 

https://www.aa.com.tr/id/ekonomi/baznas-hasilkan-73-riset-zakat-sepanjang-2020/2094279

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement