Kamis 31 Dec 2020 20:09 WIB

Santri dan Pesantren Didorong Terlibat dalam Kewirausahaan

Santri dan pesantren mempunyai modal besar majukan dunia wirausaha

Santri dan pesantren mempunyai modal besar majukan dunia wirausaha. Ilustrasi Pondok Pesantren
Foto:

Minat dan bakat, kata Ni'am, menjadi penting untuk dikembangkan karena itu menjadi salah satu kunci membangun kewirausahaan. Selain itu santri juga harus berani untuk memulai jangan hanya berangan-angan.  

Dia mengatakan, kalau wirausaha sudah dijalankan tentu akan membantu meningkatkan kesejahteraan tidak hanya untuk pengusaha tapi juga untuk masyarakat. 

"Peningkatan ekonomi tidak sekedar sebagai tujuan tetapi itu sarana untuk menentukan kemanfaatan kita sebagai manusia, chairunnas anfa'uhum linnas sebaik-baik manusia sejauh mana kita memberikan manfaat secara lebih kuat kepada sesama manusia," ujar dia.   

Pengasuh Pondok Pesantren Nashrul Ummah yang juga anggota DPR RI, H Nusron Wahid, mengatakan agenda ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaku wirausaha di kalangan pesantren. 

“Pelaku wirausaha pesantren harus memiliki pemikiran progresif dan kreatif, sehingga mampu mencari celah inovasi untuk mengembangkan wirausaha. Melalui pelatihan ini, diharapkan profesionalisme dalam melakukan bisnis dapat tergali,” ujarnya. 

Tim ahli LADUNI, Akhmad Nashruddin, saat mengisi coaching clinic menyebutkan, partisipasi  pemuda sangat dibutuhkan untuk membantu bersama-sama dalam memerangi Pandemi Covid-19 ini dan patut terus didorong semua kalangan.

 

“Pemerintah juga diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan wirausaha pemuda khususnya di kalangan pesantren serta memberikan bantuan kepada wirausahawan muda yang mengalami hambatan usaha yang disebabkan Covid-19, begitu juga untuk para wirausaha yang dapat membantu menggerakkan ekonomi masyarakat dalam bentuk sociopreneurship,” kata sosok yang akrab disapa Anas ini.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement