Rabu 30 Dec 2020 18:53 WIB

Gerakan Maghrib Mengaji, Upaya Membangun Generasi Qurani

Gerakan Magrib Mengaji ini diharapkan menjadi budaya dan ciri khas masyarakat

Rumah Zakat mendukung gerakan Maghrib Mengaji dalam upaya membangun generasi qurani.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat mendukung gerakan Maghrib Mengaji dalam upaya membangun generasi qurani.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- Tidak ingin aktivitas mengaji dan dan membaca Alquran hilang dari pinggiran Kota Praya, Relawan Rumah Zakat Rin Astini ikut serta mendampingi Program Magrib Mengaji di TPQ. Menurut Rin, pembangunan fisik (infrastruktur) harus diimbangi dengan pembangunan mental spiritual khususnya keagamaan.

"Gerakan Magrib Mengaji ini diharapkan menjadi budaya dan ciri khas masyarakat khususnya anak- anak di Desa Berdaya Kelurahan Gonjak sehingga nilai-nilai spiritualitasnya terjaga," ucap Rin Astini.

Baca Juga

Rin Astini juga berharap program pendampingan ini bisa menjadi warisan yang positif dan membawa ciri khas warga Desa Berdaya Kelurahan Gonjak. Secara khusus diharapkan anak-anak di Desa Berdaya pernah merasakan dan melawati masa kecilnya dengan mengaji Al-Qur’an terutama di saat Maghrib, seperti yang dialami orangtuanya dulu.

Gerakan Maghrib Mengaji merupakan program yang membudayakan kembali tradisi membaca Alquran

 

setelah shalat Maghrib di kalangan masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai dari Gerakan Magrib Mengaji ini adalah pertama, menghidupkan kembali tradisi membaca/ mendaras Alquran setiap selesai shalat Magrib di seluruh TPQ yang ada di Desa Berdaya Kelurahan Gonjak.

Tujuan kedua adalah sebagai upaya menumbuhkan kesadaran di tengah-tengah masyarakat akan fungsi dan peranan Alquran bagi kehidupan manusia sehingga Alquran tetap dibaca dan dipelajari sekalipun telah tamat (khatam) dari Taman Pendidikan Alquran. Selanjutnya adalah meningkatkan minat dan kemampuan masyarakat dalam membaca Alquran, sebagai upaya meminimalisir pengaruh negatif dari media teknologi informasi dan media elektronik, sebagai upaya memakmurkan TPQ dengan kegiatan ibadah, dan sebagai upaya untuk meningkatkan kerja sama antara orang tua, masyarakat dengan unsur pendidikan dan pemerintah, melalui pembinaan karakter anak-anak dengan program mengaji Alquran.

Adapun sasaran utama dalam program ini adalah seluruh komponen masyarakat, terutama anak-anak. Diharapkam program Magrib Mengaji ini bukan sekadar mengajarkan baca Alquran saja, tapi juga

sebagai pendidikan karakter bagi anak-anak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement