Selasa 29 Dec 2020 05:31 WIB

Satu-satunya Negara Arab yang Libur di Hari Ahad

Lebanon itu juga sering dikatakan sebagai bangsa Arab yang paling terbaratkan.

Satu-satunya Negara Arab yang Libur di Hari Ahad. Bendera Lebanon
Foto:

Tradisi pendidikan tinggi di kalangan umat Kristen Lebanon yang tinggi itu pula yang agaknya menjadikan kebanyakan intelektual Lebanon datang dan terdiri dari kalangan Katolik dan Kristen. Demikian juga dengan profesi-profesi modern di bidang perekonomian, kedokteran dan teknologi.

Umat Kristen meskipun secara prosentasi tidak ada separuh penduduk, tetapi mendominasi banyak aspek dan sektor kehidupan modern. Tak heran jika secara politik juga sangat kuat (powerful).

Keunikan lainnya lagi adalah, meski penduduk Lebanon hanya 5 juta, tetapi pemegang paspor Lebanon yang tinggal dan bekerja di luar negeri jumlahnya lebih dari dua kali lipat banyaknya. Mereka kebanyakan berada di negara-negara Amerika Selatan (Latin).

Apalagi kalau dihitung juga mereka yang sudah memegang paspor negara setempat karena berkewarganegaraan ganda. Lebanon memang membolehkan warga negaranya memiliki kewarganegaraan ganda (double), bahkan tiga (triple). Para ekspatriat yang tinggal di berbagai negara luar itulah yang agaknya menjadi tiang penyangga perekonomian Lebanon.

Lebanon, khususnya kota Beirut, ini keunikan berikutnya, juga menjadi pusat penerbitan buku dunia. Tak terhitung banyaknya penerbit buku di Beirut.

Uniknya, lagi-lagi ini sangat unik, tidak banyak toko buku di Beirut. Apalagi pasar buku murah: nyaris tidak ada. Rupanya buku-buku terbitan Beirut sebagian besar memang untuk keperluan ekspor, termasuk ke Indonesia.

Coba saja disimak betapa banyaknya kitab-kitab berbahasa Arab terbitan Beirut. Tak heran jika ada sebuah seloroh yang berbunyi “Buku-buku ditulis di Mesir, dicetak di Beirut, dan dibaca oleh orang Irak dan Iran”. Apakah benar demikian, rasanya perlu dilakukan survei. Namanya juga seloroh. Wallahu a’lam.

-----

Tulisan ini pernah dimuat di Majalah SM Edisi 20 Tahun 2019

 

https://www.suaramuhammadiyah.id/2019/12/09/negara-arab-yang-libur-di-hari-ahad/

sumber : Suara Muhammadiyah
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement