Senin 28 Dec 2020 12:45 WIB

Singapura Puji Peran Melayu/Muslim Cegah Penyebaran Covid-19

Warga Melayu/Muslim Singapura telah bertindak secara bertanggung jawab selama pandemi

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Singapura Puji Peran Melayu/Muslim Cegah Penyebaran Covid-19. Masjid Abdul Gaffour, Singapura.
Foto:

Masagos juga menyanjung soal nasehat dan kerja sama yang baik dari otoritas agama dan ahli medis di komunitas tersebut. Melalui itu, menurutnya, pedoman yang jelas untuk kegiatan sosial keagamaan dapat segera diberikan.

Kegiatan keagamaan skala besar telah diketahui menjadi titik nyala bagi cluster Covid-19 untuk berkembang. Salah satu yang terkenal adalah gerakan misionaris Muslim di masjid Seri Petaling di pinggiran Kuala Lumpur yang berlangsung dari 27 Februari hingga 1 Maret 2020, yang dilaporkan melibatkan hingga 10 ribu orang dari beberapa negara dan mengakibatkan beberapa kasus virus yang diimpor.

Setelah itu, Dewan Agama Islam Singapura (Muis) memutuskan menutup masjid di Singapura pada Maret. Masagos mengatakan, keputusan ini hanya bisa dibuat karena kerja sama di dalam masyarakat.

"Ini hanya mungkin karena para dokter memberikan nasihat yang baik untuk guru agama bahwa jamaah di mana intensitas interaksi, kepadatan tinggi orang berkumpul (dan) jarak yang tidak dapat dikendalikan pada saat itu, akan menjadi titik kilasan yang dapat mengakibatkan lebih banyak orang terinfeksi," ujarnya.

Mengenai kemungkinan melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid selama Ramadhan tahun depan, Masagos mengatakan pihak berwenang berharap bisa mengizinkan mereka melanjutkannya. Namun, dengan mempertimbangkan beberapa sesi yang lebih pendek.

Pekan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informasi mengeluarkan klarifikasi kepada The Straits Times dari Dewan Agama Islam Singapura (Muis) dan mengatakan perihal sholat tarawih itu terlalu dini untuk mengatakan apakah akan diizinkan atau tidak. Menurut mereka, hal itu akan sangat tergantung pada situasi pada April mendatang.

 

https://www.straitstimes.com/singapore/malaymuslim-singaporeans-have-responded-responsibly-to-covid-19-masagos

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement