Senin 21 Dec 2020 16:45 WIB

Cendikiawan Muslim Raih Penghargaan Fisika Dunia

Cendekiawan Muslim menerima penghargaan Physics World 2020 Breakthrough of the Year

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Cendikiawan muslim Elham Fadaly, seorang kandidat PhD di jurusan Fisika Terapan, menerima penghargaan tersebut bersama Alain Dijkstra dan Erik Bakkers
Foto:

Siapa Elham Fadaly?

Elham lahir dan besar di Mesir. Dia belajar Teknik Elektronika di American University di Kairo di Mesir. Selama satu semester di luar negeri di tengah program sarjana di Amerika Serikat di Universitas Drexel, dia menjadi terpesona oleh nanoteknologi dan betapa transformatif aplikasinya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Oleh karena itu, dia memutuskan untuk mengejar hasratnya ke dunia keajaiban yang sangat kecil dan tersembunyi ini dengan mempelajari gelar master dalam nanosains dan nanoteknologi, dengan spesialisasi dalam nano-elektronik di Katholieke Universiteit di Leuven di Belgia dan Universitas Teknologi Chalmers di Swedia.

Setelah studinya, ia memulai gelar PhD dalam Fisika Terapan di Universitas Teknologi Eindhoven di Belanda. Penelitian doktoralnya difokuskan pada fabrikasi bahan nano untuk aplikasi cahaya dan memeriksa sifat optik dan elektroniknya.

Penghargaan tersebut bukanlah yang pertama bagi Fadaly, karena ia juga telah menerima penghargaan Teknologi Terbaik 2020 dari majalah teknologi Kijk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement